Pages

Wednesday, 18 December 2013

MEMBENDUNG PORNOGRAFI


Tulisan ini pernah Diterbitkan di Buletin al-Balagh edisi 6 Tahun IX 1435 H


Membendung Pornografi

Oleh Abid Fauzan*

Di zaman ini pornoaksi dan pornografi dengan mudah bisa diakses dengan teknologi berupa TV, internet, HP, dsb. Teknologi canggih -khususnya internet- ini semua merupakan sarana yang dapat dengan mudah mengakses atau menyebarkan pornoaksi dan pornografi.

Monday, 9 December 2013

MERANGKAI ASA DALAM DAKWAH KURMA 17

MERANGKAI ASA DALAM DAKWAH KURMA 17
(CATATAN MUBES KURMA 17)

Akh arham(KETUM KURMA) naqib tarbiyah yang ana jadi murrobbi, menyampaikan bila pekan depan akan di mulai Musyawarah Besar (MUBES) KURMA 17. Mendengar hal tersebut ada perasaan campur aduk, kaget, senang, wow. Ternyata berjalan waktu begitu cepat tapi tanpa menipuku, aku tahu. Namun ia selalu saja berhasil menyadarkan akan kekhilafanku. Ku ingat-ingat lagi ketika pertama kali bertemu mereka muttarobbiku yang ketika itu mereka masih imut2 di kelas 1. Dan Allah pun menganugrahkan ku untuk terus membina mereka sampai angkatan mereka menjadi pengurus KURMA 17. Dengan segala kekurangan ana dalam mentarbiyah tentunya ana berharap dapat menanamkan iman dan akidah di sanubari mereka.

Monday, 18 November 2013

AKU BERSYUKUR MAKA AKU BAHAGIA


foto ini di ambil ketika setelah selesai shalat, perjalanan menuju dosen pembimbing


kapan sarjana? Kapan nikah?

hari ini, banyak ikhwa yang menambahkan titel sarjana di belakang nama mereka. Banyak pula yang mengatakan untuk cepat nikah, apa lagi umur sudah hampir seperempat abad.

 kapan,.. yah..?

Friday, 15 November 2013

Perpustakaan Antara Budaya Baca Dan Perkembangan Teknologi


Tulisan ini telah terbit di kolom Apresiasi Sastra di koran FAJAR pada ahad 6/10/2013
dengan judul 'literasi hidupkan perpustakaan pada era teknologi' dengan perubahan


Siang itu sehabis menyelesaikan perkuliahan beberapa mahasiswa baru ke perpustakan kampus II UIN Alauddin di samata Gowa. Selain ingin berkunjung ke perpustakaan mereka juga mengikuti kegiatan pelatihan yang di laksanakan oleh Perpustakaan Kampus UIN Alauddin. Kegiatan yang bernama Pelatihan Literasi Informasi Dan Pengenalan Perpustakaan UIN Alauddin ini berlangsung selama 5 hari yaitu pada tanggal 30 september sampai dengan 4 oktober 2013.

Wednesday, 13 November 2013

Sehari Bersama Ustaz Muh Fauzil Adhim




Setelah lama langganan baca majalah Suara Hidayatullah, ana jadi mengenal Ust Muh Fauzil Adhim. Beliau menjadi kolomunis parenting tetap di majalah Islam terbesar ini. Artikel-artkel beliau sangat mudah di pahami dan sangat menggugah pembacanya. Walaupun sebelumnya ana telah mendengar namanya setelah buming bukunya yang best seller berjudul ‘Kupinang Engkau Dengan Hamdala’.

Sunday, 13 October 2013

QURBAN DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL


Tulisan ini telah terbit di koran FAJAR pada HARI JUMAT 11 OKTOBER 2013


QURBAN DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

Oleh Muh Abid Fauzan
Guru Agama Islam dan Pemerhati Sosial Masyarakat

Sebentar lagi kita akan menjalankan merayakan Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban atau populer juga dengan sebutan Lebaran Haji. Disebut Idul Kurban karena banyak umat Muslim berkurban dengan menyembelih domba, kambing, sapi, atau kerbau untuk dibagikan ke semua warga. Hari istimewa ini disebut juga Lebaran Haji karena pada bulan ini sebagian umat Muslim menunaikan rukun Islam ke-5, yaitu haji. 

Sunday, 22 September 2013

CATATAN JADI PEMBINA ROHIS(2): ‘MENGINTIP’ DAKWAH KURMA 17




Lama ana membina KURMA 17, ini pertama kalinya ada sekolah yang ana bina cukup lama. Bahkan sekaligus menjadi murrobbi. Sebenarnya ana masih berat di katakan jadi pembina ROHIS sekolah karena masih terlalu banyak yang belum maksimal dalam mendampingi KURMA 17. Bermodalkan pengalaman pernah menjadi posisi mereka yaitu menjadi pengurus rohis (KETUM IKRAMAL 03 SMAGA dulu) ana mencoba untuk mendampingi KURMA 17.

Wednesday, 18 September 2013

BELAHAN RINDU




Allah menciptakan bumi ini bulat,

Ketika kita semakin jauh,

Maka semakin dekat pula jarak kita untuk bertemu.

Wednesday, 4 September 2013

PELAMPUNG UJIAN





Sobat muslim Teenagers, hayoo kabarnya gimana??? Moga- moga tuh istiqomah bin konsisten. By the way  belum layu dalam ingatan kita, kemarin nih sepekan baru aja diadain “tradisi akbar” tiap tahun buat siswa yang mau tamat. Ahaa kamu semua pade tau nggak perlu ditanya.

Monday, 19 August 2013

FK2PI Sukses Adakan “Semarak Ramadhan Putih Abu-Abu”








Ramadhan adalah bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Hampir di semua sekolah mengadakan kegiatan selama bulan ramadhan ini bernuansa rohani, seperti siraman rohani dan bimbingan khusus untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat.

Wednesday, 14 August 2013

CATATAN JADI PEMBINA ROHIS : Cerita MABIT pertama KURMA 17




Ana ingin memulai kisah ini dengan mengawali sebuah pertanyaan kenapa ana membina KURMA 17? KURMA 17 kepanjangan Kerukunan Remaja Mesjid SMAN 17 Makassar. KURMA 17 merupakan rohis di SMAN 17 Makassar, sekolah yang di panggil ‘jubel’ ini. Ana telah lama mendengar rohis ini dengan seabrek prestasi rohis dan sekolahnya. Sekolah yang sangat di kenal sebagai sekolah unggulan tentunya berisikan siswa yang cerdas dan kesibukan yang padat.

Tuesday, 30 July 2013

Abid Menulis: Istiqamah Setelah Ramadhan

Abid Menulis: Istiqamah Setelah Ramadhan: Tidak terasa, waktu begitu cepat berlalu, dan bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan berlalu sudah. Semoga kita ti...

Istiqamah Setelah Ramadhan



Tidak terasa, waktu begitu cepat berlalu, dan bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan berlalu sudah. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang celaka karena tidak mendapatkan pengampunan dari Allah Ta’ala selama bulan Ramadhan, sebagaimana yang tersebut dalam doa yang diucapkan oleh malaikat Jibril ‘alaihissalam dan diamini oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam: “Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni (oleh Allah Ta’ala )1.

Tuesday, 11 June 2013

LPJ ANA Sebagai Ketua Umum FK2PI Periode 1432 H/2011 M


 PENGANTAR : Setelah dua hari ikut MUKTAMAR FK2PI KE VI, kini ana sedikit lega pasalnya kini roda organisasi dakwah sekolah Makassar ini terus berjalan. Walaupun ana sekarang masuk sebagai dawn syuro tapi tetap terlibat juga. Lalu ana baca beritanya di RUMAH ROHIS ana ingin sekali memposting LPJ ana yang lalu pada MUKTAMAR KE V kemarin. Semoga bermanfaat.



CATATAN (TiDaK) MAU MENGAJAR AGAMA ISLAM DI SMAGA




Ceritanya saya mengisi taklim kontemporer di IKRAMAL 03 rohis SMAN 3 MKS (selanjutnya di sebut smaga) tepatnya hari sabtu pulang sekolah. Ketika itu kalo sabtu di smaga pulangnya lebih cepat menjelang dzuhur. Sementara berjalan taklimnya azan dzuhur telah berkumandang di mesjid dekat smaga sehingga taklim harus di pending dulu untuk shalat dzuhur karena ternyata taklim seru banget jadi tetap di lanjutkan selesai dzuhur.

Setelah azan di Mushlah Al Iqro Smaga lalu sesudah ambil air wudhu, saya bertemu Pak Said guru agama Islam smaga yang juga merupakan guru yang saya sangat hormati. Beliau juga pernah mengajar saya ketika kelas 1 dan kelas 3 ketika itu. Sehingga beliau sangat mengenal saya, apa toh lagi saya sering berkunjung di smaga baik itu membina rohis ikramal atau konsultat mengajar agama islam (saya mengajar agama Islam di SMK YPUP).

Monday, 6 May 2013

" TENTANG SKRIPSI "






DALAM RANGKA MENYELESAIKAN SKRIPSI MAKA MUNGKIN BEBERAPA WAKTU KEDEPAN TIDAK POST DULU.

Sunday, 5 May 2013

KOPDAR PERTAMA KBPS






KOPDAR atau kepanjangan dari kopi darat, istilah ini sering di pakai oleh komunitas ‘udara’ seperti kelompok pegiat dunia maya untuk melakukan pertemuan. KOPDAR kali ini di adakan oleh KBPS yang  kepanjangan dari Komunitas Blogger Pena Sunnah. Untuk pertama kalinya KBPS adakan KOPDAR yang selama ini hanya mengadakan pelatihan dan perekrutan. Pada pertemuan ‘KOPDAR’ pertama kali diadakan di ruangan meeting kantor Ginna Five jalan batua raya, awalnya membahas KBPS di dunia maya lalu memilih pengurus. KBPS yang telah berumur kurang lebih tiga tahun lamanya, ini mengumpulkan para anggota KBPS.  

Thursday, 2 May 2013

LET’S SAVE OUR GENERATION!





LET’S SAVE OUR GENERATION!

Oleh Muh Abid Fauzan
Dewan pembina FK2PI (Forum Komunikasi Kajian Pelajar Islam )Makassar

Perasaan miris dan sedih melihat berita di fajar terkait “prestasi” Makassar masuk 10 besar pengakses video porno (KORAN FAJAR 18/3). Ada banyak Tanya mengapa kota yang di kenal religius ini para pemudanya terjurumus tindakan yang merusak moral.

Kita menyadari semua Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah penyebaran informasi baik yang positif mau pun negatif. Tidak terkecuali internet yang kian mudah kita akses. Namun disadari atau tidak penggunaan media internet diberbagai tataran kehidupan, maka keleluasaan dalam mengunjungi berbagai situs harus terkontrol dan dibatasi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Thursday, 25 April 2013

MISS WORLD ANCAMAN SERIUS MORAL BANGSA








MISS WORLD ANCAMAN SERIUS MORAL BANGSA


OLEH
Muh. Abid Fauzan
Guru Dan Pemerhati Moral Bangsa



Indonesia, untuk kali pertama di pilih menjadi tuan rumah Miss World 2013. Sekitar 130 kontestan akan berkompetisi untuk meraih mahkota wanita tercantik sejagad. acara puncak akan dilaksanakan di SICC Bogor pada tanggal 28 September 2013. Hingga Jumat (5/4/2013) sudah 39 kontestan konfirmasi untuk mengikuti ajang kontes kecantikan itu.

Wednesday, 17 April 2013

CATATAN JADI PENGAWAS UN (2)





Kenapa harus takut pada UN?

Mereka secara psikologis merasa takut menghadapi UN wajar. Siswa takut tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Orang tua takut gagal mendidik anak sehingga menjadi aib keluarga. Kepala sekolah dan guru mata pelajaran takut reputasi mereka jeblok karena banyak siswanya tidak lulus. Tak terkecuali dinas pendidikan turut takut karena mutu pendidikan menjadi rendah sehingga berpengaruh pada turunnya gengsi pendidikan di daerah.

CATATAN JADI PENGAWAS UN (1)





KETIKA UJIAN NASIONAL (UN) DI TUNDA

Tuesday, 9 April 2013

I S T I Q O M A H LAH.......!!! (6)





Kamu Harus Menjadi Semangat Yang Tak Pernah Padam!!!

Semangat dan gairah adalah perasaan yang sangat kuat yang dialami oleh setiap orang. Semangat, dalam pengertian umum, digunakan untuk mengungkapkan minat yang menggebu dan pengorbanan untuk meraih tujuan, dan kegigihan dalam mewujudkannya. Semangat harus ada dalam diri setiap orang, ia energi yang menggerakkan hati, pikiran dan perasaan untuk melakukan sesuatu.

Sunday, 31 March 2013

SURAT DAHLAN ; GEJOLAK CINTA DAN POLITIK



TULISAN INI PENERNAH TERBIT DI KORAN FAJAR DI KOLOM BUDAYA 31/3


SURAT DAHLAN ; GEJOLAK CINTA DAN POLITIK

Oleh Muh Abid Fauzan

Pemerhati dan penikmat perbukuan

Novel Surat Dahlan ini sangat inspiratif dan menggugah untuk para pemuda untuk terus berusaha meraih sukses. Membaca novel yang tulis oleh Khrisna Pabichara ini kita akan merasakan gejolak permasalahan cinta yang semakin rumit. Dan yang lebih seru lagi adalah, jika pada novel Sepatu Dahlan kita sedikit / tidak menemukan unsur politik. Maka, pada novel Surat Dahlan ini kita akan banyak menemukan ketegangan-ketegangan kehidupan politik pada saat itu.

Saturday, 2 March 2013

LKS, GURU, DAN PENDIDIKAN



TULISAN INI PERNAH DI MUAT
DALAM OPINI KORAN FAJAR 23/2/2013


LKS, GURU, DAN PENDIDIKAN

Oleh Muh Abid Fauzan
Guru SMK dan Pemerhati Pendidikan

Thursday, 28 February 2013

CATATAN SEMINAR ISLAM DAN IDEOLOGI DI UNHAS




Sebenarnya ana telah lama menjadwalkan time skejul kegiatan  ku dalam sepekan yang akan datang untuk menghadiri kegiatan seminar satu ini. maka sekalipun orangtua melarang pergi karena kondisi tubuh masih sakit ana tetap memaksa diri untuk hadir. syukurnya ada sepupu ana menemani ana untuk hadir kegiatan tersebut. walau kondisinya ketika itu masih musim hujan yang dingin ana banyak berdoa semoga di beri kebaikan.

Saturday, 16 February 2013

PERADILAN TERBESAR SEPANJANG SEJARAH





PERADILAN TERBESAR SEPANJANG SEJARAH
Oleh: Mamduh Farhan al-Buhairi

Sejarah manusia telah dilewati oleh peradilan-peradilan besar, tetapi ada satu peradilan terbesar yang diketahui oleh sejarah, yaitu peradilan yang terjadi di kota Samarkand.

Tuesday, 12 February 2013

Hadits Maudhu', PEMILMA, dan Kesabaran

Hadits Maudhu', PEMILMA, dan Kesabaran

ketika itu, ana ikut kuliah ilmu hadis (reguler) dengan ade2 mahasiswa PAI semester 1 di kampus 2 samata gowa. ternyata dosen bersangkutan tidak hadir namun ketua tingkat tetap mengadakan diskusi tema tentang hadis maudu. banyak yang telah naik diskusi sehingga kami para senior y7ang ikut kuliah reguler untuk naik, kareba selama ini memang tidak pernah naik memaparkan materi. sehingga mu tidak mau ana dan 2 orang naik unutk materi. 

Wednesday, 6 February 2013

PERPISAHAN DAN NASEHAT






PERPISAHAN DAN NASEHAT

Oleh Abid Alauddin*


Sulit untuk saya memulai kata-kata ini

Sebagaimana selalu sulit untuk mengucap salam perpisahan

Saturday, 5 January 2013

GELIAT DAKWAH KAMPUS MAKASSAR AKHIR TAHUN


GELIAT DAKWAH KAMPUS MAKASSAR AKHIR TAHUN

OLEH MUH, ABID FAUZAN


Bulan desember, bulan yang mungkin sebahagian orang tunggu-tunggu. Ini tak lain karena ada dua perayaan yang ada di dalamnya. Yah... tak lain perayaan natal dan tahun baru masehi. Kedua perayaan ini jelas-jelas bukan perayaan kaum muslimin tapi hampir sebahagian besar umat Islam ikut meryakanya. Nauzubilllah....

Namun alhmdulillah para ikhwa n akhwat aktivis dakwah kampus di makassar, mengadakan berbagai kegiatan menarik. Selain untuk menyadarkan kaum muslimin untuk tidak ikut-ikutan juga memberikan alternatif kegiatan yang bermanfaat yaitu majelis ilmu syar’i.

Ok... langsung saja kita lihat laporannya...

Friday, 4 January 2013

AKHIR HAYAT PENGGEMAR MUSIK DAN PENCINTA AL QUR'AN





Kisah Nyata: AKHIR HAYAT PENGGEMAR MUSIK DAN PENCINTA AL QUR'AN
Saif Al Battar

Senin, 21 November 2011 16:58:12

Tatkala masih di bangku sekolah, aku hidup bersama kedua orangtuaku dalam lingkungan yang baik. Aku selalu mendengar do’a ibuku saat pulang dari keluyuran dan begadang malam. Demikian pula ayahku, ia selalu dalam shalatnya yang panjang. Aku heran, mengapa ayah shalat begitu lama, apalagi jika saat musim dingin yang menyengat tulang.