Pages

Wednesday 17 April 2013

CATATAN JADI PENGAWAS UN (1)





KETIKA UJIAN NASIONAL (UN) DI TUNDA


Dunia pendidikan di negeri ini kembali heboh. Karena untuk pertama kalinya Ujian Nasional (UN) bagi para pelajar SMA seharusnya serentak dilaksanakan pada hari senin (15/4) 2013, namun, sayangnya seluruh pelajar SMA di Makassar( dan beberapa tempat) tidak dapat mengikuti ujian nasional seperti pada jadwal yang ditentukan karena adanya keterlambatan soal.

Naskah ujian nasional UN tahun ini yang dipegang oleh perusahaan pemenang tender percetakan soal, seharusnya paket soal Ujian Nasional untuk pelajar sma sudah sampai di Makassar jauh-jauh hari. Keterlamabatan soal ujian nasional di Makassar ini juga membuat beberapa sekolah SMA/sederajat yang memiliki web dan jejaring sosial menginformasikan adanya perubahan jadwal ujian nasional bagi pelajar di Makassar.

Selain di Makassar atau Sulawesi Selatan, provinsi lain juga terkena kasus keterlambatan soal ujian nasional sma diantaranya Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Jadwal mata pelajaran ujian nasional untuk hari senin (15/4) 2013 akan diundur jadwalnya menjadi hari Jum’at (19/4) 2013. Mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional hari kedua yakni Selasa (16/4) 2013 digeser pada hari Senin (22/4) 2013. Bagi jaddwal Ujian Nasional hari Rabu (17/4) dan Kamis (18/4) akan tetap dilaksanakan sebagaimana jadwal Ujian Nasional yang sama di seluruh Indonesia.


Dampak psikologis yang patut diperhitungkan adalah siswa frustasi. Di karenakan ketegangan bertambah panjang hingga 18 - 23 April. Situasi psikologis menjadi simpang siur ditambah akan menimbulkan kecurangan-kecurangan seperti beredarnya kunci jawaban UN. Mulai dari siswa, kepala sekolah, guru mata pelajaran yang diujikan, orang tua dan bahkan pengelola pendidikan dalam hal ini dinas pendidikan kabupaten/ kota merasa takut.


No comments:

Post a Comment

silakan komentar