PENGARUH STRES TERHADAP PSIKOLOGI SISWA
DISUSUN OLEH
ALIEF
IHRAM FATANY
ERWIN
ADRIANSYAH
MUHAMMAD
TAQWA RAHMAN
PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS 3 MAKASSAR
2007
LEMBAR PENGESAHAN
“PENGARUH STRES TERHADAP
PSIKOLOGI SISWA”
Identitas siswa :
I.Nama =Alief Ihram
Fatany
Nis/No.urut=2420169/04
Kelas =XII
IPA F
II.Nama =Erwin
Adriansyah
Nis/No.urut=2419900/17
Kelas =XII
IPA F
III.Nama =Muhammad Taqwa Rahman
Nis/No.urut=2420070/31
Kelas =XII
IPA F
Ketua Mata
Pelajaran Mulok, Guru Pembimbing,
Abd.Hajar S.Pd,M.Pd. Dra.Hj.Marlan Martini
Nip:132094541 Nip:131639976
Diketahui
Pimpinan Satuan Pendidikan
Drs.Ambo Sakka M
Nip:131416680
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya besar kecilnya masalah yang menegangkan
tersebut adalah relatif,tergantung dari tinggi rendahnya kedewasaan kepribadian
serta bagaimana sudut pandang seseorang dalam menghadapinya.Sebagian besar dari
mereka yang mengalami ketegangan mengambil jalan pintas dengan menghisap rokok
secara berlebihan,obat penenang,minaman keras dan lain sebagainya,dengan
harapan terhindar dari stres.Mereka tidak menyadari bahwa menghindari stres dengan
melakukan hal yang salah akan dapat menerima akibat dari kesehatan yang amat
buruk.
Setiap manusia dari berbagai lapisan bisa saja mengalami
ketegangan hidup yang diakibatkan adanya tuntutan dan tantangan,kesulitan,ancaman
ataupun ketakutan terhadap bahaya kehidupan yang semakin sulit
terpecahkan,sehingga sering kali didapati seseorang mengalami ketegangan
psikologi,merasakan keluhan yang kadang memerlukan perawatan dan pengobatan.
B.Rumusan Masalah
a.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,timbulnya stres
disebabkan oleh situasi lingkungan yang dapat menyebabkan penyakit fisik dan
mental seorang siswa yang akhirnya dapat menurunkan produktifitas belajar dan
ketidakmampuan dalam berpikir.
Pengaruh stress yang dialami siswa terjadi disebabkan
karena adanya tekanan-tekanan dalam proses pembelajaran yang melebihi ambang
kewajaran dan disertai dengan kurangnya dukungan yang dibutuhkan seseorang dari
berbagai pihak.
b. Rumusan Masalah
1)Apakah yang dapat menimbulkan terjadinya stres pada siswa ?
2)Bagaimana proses stres itu terjadi ?
3)Apakah stres dapat menimbulkan kejiwaan ?
4)Bagaimanakah cara untuk mengatasi stres?
c. Cara Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan masalah yang telah
dikemukakan di atas,maka akan diadakan penelitian melalui penyebaran angket
yang diadakan pada siswa-siswi kelas X-A,XI IPA C,dan XII IPA F SMA Negeri 3
Makassar.
C.Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan karya
tulis ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Stres Terhadap Psikologi Siswa.
D. Manfaat
Ø Bagi penulis : sebagai latihan dalam membuat
karya ilmiah sekaligus dapat menambah
pengetahuan dari berbagai ilmu dari pengaruh stress terhadap psikologi siswa.
Ø Bagi siswa : 1.Agar dapat mengetahui bahwa
dampak negatif dari stres dapat merusak fisik dan mental.
2.Agar dapat
mengetahui cara penaggulangan stres bagi pelajar.
Ø Bagi Guru : Sebagai pembimbing dan motivator
untuk membantu dalam menyusun karya ilmiah.
Ø Bagi Orang tua : Agar orang tua dapat mendidik
anaknya dengan baik.
Ø Bagi perpustakaan : Sebagai sarana pembelajaran
untuk memberitahukan kepada seluruh siswa/siswi agar dapat mengetahui pengaruh
stress terhadap psikologi siswa.
Ø Bagi masyarakat : Dengan memahami konsep stres
adalah penting untuk dapat membantu mengurangi efek dari stres yang ditimbulkan
sebab stres sesungguhnya tidak dapat dihilangkan dari proses kehidupan,namun
juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan kematangan pribadi.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu
Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Makassar
pada tanggal 10 Maret 2007.
B. Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini terbagi atas dua yaitu
populasi target dan populasi terjangkau.
Populasi target adalah siswa/siswi SMA Negeri 3
Makassar,sedangkan
Populasi terjangkau adalah siswa/siswi kelas X-A,XI IPA
C dan XII IPA F.
C. Instrumen Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket pada
masing-masing kelas X,XII,XIII.
D. Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
melalui penyebaran angket.Karena melalui penyebaran angket inilah diperoleh
data-data yang menunjang dalam proses pembuatan karya tulis ilmiah ini.
BAB
II
KAJIAN
TEORI
A.Pengertian Stres
Stres adalah respons tubuh yang tidak spesifik terhadap
setiap kebutuhan tubuh yang terganggu,suatu fenomena universal yang terjadi
dalam kehidupan sehari-hari dan tidak dapat dihindari,setiap orang
mengalaminya,stress memberi dampak secara total pada individu yaitu terhadap
fisik,psikologis,intelektual,social dan spiritual.
B.Sumber Stres
Sumber stress dapat berasal dari dalam tubuh dan diluar
tubuh,sumber stress dapat berupa biologik/fisiologik,kimia,psikologik,sosial
dan spiritual,terjadinya stres karena stressor tersebut dirasakan dan
dipersepsikan oleh individu sebagai suatu ancaman,sehingga menimbulkan
kecemasan yang merupakan tanda umum dan awal dari gangguan kesehatan fisik dan
psikologis.
Untuk memahami sumber stress belajar,kita harus melihat
stres belajar ini sebagai interaksi dari beberapa faktor,yaitu stres
dipelajaran itu sendiri sebagai faktor eksternal dan faktor internal seperti
karakter dan persepsi dari siswa itu sendiri.Dengan kata lain stres belajar
tidak semata-mata disebabkan masalah internal,sebab reaksi terhadap stimulus
akan sangat tergantung pada reaksi subjektif individu masing-masing.
C.Kondisi Pelajaran
-Lingkungan belajar : Kondisi belajar yang buruk
berpotensi menjadi penyebab siswa mudah jatuh sakit,mudah stres,sulit
berkonsentrasi dan menurunnya produktifitas belajar.
-Overload :Sebenarnya overload ini dapat dibedakan
secara kuantitatif dan kualitatif.Dikatakan overload secara kuantitatif jika
banyaknya pelajaran yang ditargetkan melebihi kapasitas siswa
tersebut.Akibatnya siswa tersebut mudah lelah dan berada dalam tegangan tinggi.
BAB
IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.Hasil
Penelitian
Hasil penelitian diperoleh gambaran tentang persepsi
siswa SMA Negeri 3 Makassar dengan jumlah 30 responden mengenai pengaruh stress
terhadap psikologis siswa.Deskripsi jawaban responden memperlihatkan berbagai
persepsi siswa SMA Negeri 3 Makassar sebagai berikut :
Soal :
1.Apakah anda pernah mengalami stres ?
2.Apakah anda sering merasa tegang dan cemas dalam
menghadapi masalah ?
3.Apakah anda sering merasa kurang puas dengan hasil
kerja anda ?
4.Apakah anda sering mengurung diri sewaktu menghadapi
masalah yang tidak bisa dipecahkan ?
5.Apakah anda merasa kehilangan daya konsentrasi waktu
belajar akibat masalah yang sulit untuk dipecahkan ?
6.Apakah anda sering kurang percaya diri dalam mengerjakan
tugas akibat masalah yang berlarut-larut ?
7.Apakah anda sering merasa daya kreativitas anda
menurun dalam menghadapi masalah ?
8.Apakah anda sering mengalami lelah mental terhadap
masalah yang berlarut-larut ?
9 Dalam menghadapi masalah yang berlarut-larut,apakah
rasa percaya diri anda menurun ?
10.Apakah anda merasa depresi dalam menghadapi masalah
yang sulit dipecahkan ?
Tabel data hasil
penelitian
Kode pertanyaan
|
Jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
||
Laki-laki
|
Perempuan
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||
1
|
Sering
|
4
|
10
|
13%
|
33%
|
Kadang-kadang
|
4
|
8
|
13%
|
27%
|
|
Jarang
|
2
|
2
|
7%
|
7%
|
|
Tidak pernah
|
2
|
-
|
7%
|
-
|
|
2
|
Sering
|
2
|
9
|
7%
|
30%
|
Kadang-kadang
|
5
|
9
|
17%
|
30%
|
|
Jarang
|
3
|
2
|
10%
|
7%
|
|
Tidak pernah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3
|
Sering
|
4
|
7
|
13%
|
23%
|
Kadang-kadang
|
5
|
12
|
17%
|
40%
|
|
Jarang
|
-
|
2
|
-
|
7%
|
|
Tidak pernah
|
1
|
-
|
3%
|
-
|
|
4
|
Sering
|
1
|
6
|
3%
|
20%
|
Kadang-kadang
|
3
|
4
|
10%
|
13%
|
|
Jarang
|
2
|
7
|
7%
|
23%
|
|
Tidak pernah
|
3
|
3
|
10%
|
10%
|
|
5
|
Sering
|
2
|
9
|
7%
|
30%
|
Kadang-kadang
|
6
|
9
|
20%
|
30%
|
|
Jarang
|
1
|
2
|
3%
|
7%
|
|
Tidak pernah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
6
|
Sering
|
1
|
2
|
3%
|
7%
|
Kadang-kadang
|
3
|
12
|
10%
|
40%
|
|
Jarang
|
5
|
6
|
17%
|
20%
|
|
Tidak pernah
|
1
|
-
|
3%
|
-
|
|
7
|
Sering
|
2
|
4
|
7%
|
13%
|
Kadang-kadang
|
3
|
10
|
10%
|
33%
|
|
Jarang
|
4
|
3
|
13%
|
10%
|
|
Tidak pernah
|
1
|
2
|
3%
|
7%
|
|
8
|
Sering
|
3
|
3
|
10%
|
10%
|
Kadang-kadang
|
2
|
6
|
7%
|
20%
|
|
Jarang
|
5
|
6
|
17%
|
20%
|
|
Tidak pernah
|
1
|
4
|
3%
|
13%
|
|
9
|
Sering
|
3
|
4
|
10%
|
13%
|
Kadang-kadang
|
1
|
8
|
3%
|
27%
|
|
Jarang
|
5
|
4
|
17%
|
13%
|
|
Tidak pernah
|
1
|
3
|
3%
|
10%
|
|
10
|
Sering
|
2
|
4
|
7%
|
13%
|
Kadang-kadang
|
3
|
5
|
10%
|
17%
|
|
Jarang
|
1
|
6
|
3%
|
20%
|
|
Tidak pernah
|
3
|
4
|
10%
|
13%
|
B.Pembahasan
Berdasarkan table data hasil penelitian terlihat
berbagai persepsi siswa SMA Negeri 3 Makassar mengenai pengaruh stres terhadap
psikologis siswa.Dari jawaban responden yang menyatakan bahwa siswa SMA Negeri
3 Makassar yang sering mengalami stress adalah sebagai berikut:
1.Siswa laki-laki yang sering mengalami stres berjumlah 4
siswa (13%),kadang-kadang mengalami stres berjumlah 4 siswa(13%),jarang
mengalami stress berjumlah 2 siswa (
7%)dan siswa yang tidak pernah mengalami stres berjumlah 2 siswa (7%).
2.Siswa perempuan yang sering mengalami stres berjumlah
10 siswa (33%),kadang-kadang mengalami stress berjumlah 8 siswa(27%),jarang
mengalami stress berjumlah 2 siswa(7%)dan siswa yang tidak pernah mengalami
stress berjumlah 0 siswa (0%).
Jadi berdasarkan hasil responden oleh siswa SMA Negeri 3
Makassar terlihat bahwa siswa yang lebih sering mengalami stres adalah
siswa perempuan.
BAB V
PENUTUP
A.Kesimpulan
Stres adalah respons tubuh yang tidak spesifik terhadap
setiap kebutuhan tubuh yang terganggu,sehingga munculnya masalah –masalah yang
berhubungan dengan kesehatan,psikologis,intelektual,sosial dan
spiritual.Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa laki-laki yang sering
mengalami stres sekitar 13 %-26%,sedangkan siswa perempuan yang sering
mengalami stres sekitar 33%-60%.Angka hasil penelitian ini cukup besar bagi
setiap siswa laki-laki maupun siswa perempuan.Tentunya untuk mengatasi stres bagi
siswa yaitu olah raga,minum air putih,pijat,makan makanan bergizi,tidur dan
lain-lain.
B.Saran
1.Sekolah seharusnya memberi perhatian yang lebih
terhadap siswa kurang mampu dalam hal administrasi.
2.Diharapkan guru mampu memberikan toleransi kepada
siswa-siswi dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan.
3.Siswa-siswi diharapkan untuk lebih mengefisiensikan
waktu dalam mengerjakan tugas sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Rasmin.2004.Stres,koping dan adaptasi.Surabaya:Sagung Seto.
Swarth,Judith.1986.Stres dan Nutrisi.Jakarta:Bumi Aksara
Makin,Peter E.,and Patricia A
Lindley.1989.Mengatasi Stres secara positif.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
W.W.W.L-psikologi .com/masalah/igolus.html.
W.W.W.Psikologi-untar.com/psikologi/skripsi.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subehanahu
Wata’ala karena dengan rahmat dan hidayah-Nyalah sehingga kami dapat
menyelesaikan karya ilmiah ini.
Penyusunan karya ilmiah ini berdasarkan hasil dari
penelitian yang telah dilakukan serta literatur-literatur dari beberapa
sumber.Selain itu,karya ilmiah ini disusun secara sistematis dengan mengikuti
aturan bahasa yang tepat dan telah disempurnakan agar para pembaca dapat lebih
mudah memahami isi karya ilmiah ini.
Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini masih terdapat
banyak kekurangan.Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik
yang berifat membangun dari para pembaca untuk dapat menyempurnakannya.
Melalui karya ilmiah ini kami juga mengucapkan banyak
terimah kasih kepada guru pembimbing mata pelajaran muatan lokal Dra.Hj.Marlan
Hartini,orang tua kami serta teman-teman yang telah mendukung dalam pembuatan
karya ilmiah ini.
Semoga karya ini dapat memberikan manfaat yang berarti
bagi siswa SMA Negeri 3 Makassar.
Penulis
ABSTRAK
Karya tulis yang berjudul Pengaruh Stres Terhadap Psikologi Siswa dilaksanakan
pada lingkungan sekolah SMA Negeri 3 Makassar dengan menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi melalui penyebaran angket.Sample yang diambil
adalah siswa kelas, XI IPA dan X-A yang terdiri dari 20 orang.
Masalah yang diteliti dalam karya tulis ini adalah
bagaimana pengaruh Stres Terhadap Psikologi Siswa.Hasil penelitian dari karya
tulis ini adalah semua siswa SMA Negeri 3 Makassar.
DAFTAR
ISI
Halaman Judul.................................................................................................
i
Lembar Pengesahan........................................................................................
ii
Kata Pengantar................................................................................................ iii
Abstrak............................................................................................................ iv
Daftar Isi......................................................................................................... v
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang............................................................................
1
B. Rumusan
Masalah.......................................................................
1
a.
Identifikasi Masalah...............................................................
1
b. Rumusan
Masalah..................................................................
1
c. Cara
Pemecahan Masalah.......................................................
2
C. Tujuan..........................................................................................
2
D. Manfaat.......................................................................................
2
BAB II Kajian Teori
A. Pengertian
Stres..........................................................................
3
B. Sumber Stres...............................................................................
3
C. Kondisi
Pelajaran........................................................................
3
BAB III Metode Penelitian
A.Pengertian
Stres............................................................................ 4
B.Sumber Stres................................................................................. 4
C.Kondisi
Pelajaran.......................................................................... 4
BAB IV Hasil Penelitian dan Pmbahasan....................................................... 6
BAB V Penutup
A.Kesimpulan.................................................................................. 10
B.Saran............................................................................................ 10
No comments:
Post a Comment
silakan komentar