Pages

Friday, 28 September 2018

DIDIK MEREKA MEMULIAKAN NASH Oleh: Mohammad Fauzil Adhim

foto dokumentasi menjadi muhafiz di madrasah hafiz quran (MHQ) Baruga
AQL SULSEL



DIDIK MEREKA MEMULIAKAN NASH
Oleh: Mohammad Fauzil Adhim
Fasihnya anak membaca ayat memang tak dapat ditawar. Kita harus ajarkan ini dengan sebaik-baiknya semenjak masa-masa awal mereka belajar seraya terus-menerus menjaga dan meniperbaiki di masa-masa berikutnya. Tetapi kita tidak boleh lalai hal yang lebih mendasar, yakni adab terhadap nash yang bersumber dari kitabullah (al-Qur’an) maupun as-Sunnah ash-shahihah. Harus ada keyakinan yang kuat dan utuh terhadap nash. Harus ada penghormatan serta ketundukan terhadap nash, sehingga setiap kali mengetahui pendapat kita bertentangan dengan nash, maka kita segera meninggalkan pendapat kita. Dan inilah hal mendasar yang harus kita tanamkan pada jiwa anak-anak kita.
Sebelum kita akrabkan mereka dengan al-Qur’an lalu menghafalkannya, kita tanamkan terlebih dulu penghormatan terhadap al-Qur’an dan as-sunnah. Kita tumbuhkan keyakinan dalam diri mereka bahwa sebaik-baik perkataan adalah kalamullah dan sebaik-baik petunjuk adalah as-sunnah ash-shahihah.
Keyakinan yang kuat dan utuh bermakna bahwa kita yakin sepenuhnya terhadap nash tanpa memerlukan penguat yang bernama hasil penelitian modern maupun pendapat para pakar yang justru hidupnya bertenrangan dengan al-Qur’an. Jika pun ada temuan dalam ilmu pengetahuan modern yang tampak bersesuaian dengan sebagian nash, maka ia bukanlah penguat dari kebenaran nash. Kita bisa saja merasa kagum, tetapi ia tidak dapat menjadikan kita serta merta meyakini apa yang darang dari ilmu pengetahuan modern tersebut. Justru ia harus diuji oleh nash berdasarkan tafsir atau syarah yang dapar dipercaya, karena apa yang tampaknya sama boleh jadi justru sangar berbeda.
Jika terhadap apa-apa yang tampaknya dapat memperkuat keyakinan terhadap dalil (nash) saja kita perlu berhati-hati maka terlebih lagi amat tidak patut kita mencari-carikan nash yang kira-kira bersesuaian agar orang mudah menerima pendapat atau keyakinan yang tampak hebat. Sungguh ini dapat menjadi sebab munculnya fitnah syubhat, yakni kerusakan keyakinan dalam masalah dien. Contohnya, mengait-ngaitkan Hadits terhadap law of attraction (hukum daya tarik). Ini merupakan perkara yang disangkakan sebagai ilmu pengetahuan, padahal sebenarnya merupakan sa­lah satu keyakinan dalam New Age Movement (NAM); gerakan paganisme baru atau menganggap titik di otak yang disebut God Spot sebagai fitrah, padahal pencerus istilah itu adalah seorang atheis dan penelitian tidak terkait dengan masalah ketuhanan an sich.
Sikap dasar terhadap nash ini tak terkait langsung dengan mutu pembelalaran, tapi ia berhubungan erat dengan ketundukan diri anak terhadap segala yang datang dari al-Qur’an dan as-sunnah. Jika anak memiliki penghormatan yang besar terhadap nash, maka ia akan lebih mudah mengikuti apa yang digariskan oleh nash. Ia juga belajar menundukkan pikirannya terhadap nash. Dan ini merupakan hal yang sangat menentukan kehidupan anak selanjutnya.
Sesungguhnya, yang harus kita bekalkan kepada anak sebelum mereka belajar al-Qur’an lebih banyak adalah iman dan sikap terhadap nash. Jika hanya halal, bukankah Abu Muhammad al-Hajjaj bin Yusuf ats-Tsaqafi pun seorang penghafal al-Qur’an. Bahkan ia orang yang berjasa menambahkan titik pada huruf al-Qur’an yang bentuknya sama tapi cara bacanya beda, sehingga hari ini kita lebih mudah membaca al-Qur’an. Tetapi itu tidak cukup untuk melunakkan hatinya. Sungguh catatan sejarah tidak akan pernah terhapus tentang betapa kejamnya Al-Hajjaj. Betapa banyak yang bersyukur saat kabar kematiannya terdengar.
Pada awalnya, penghormatan itu bersifat fisik. Ini proses yang lebih mudah untuk memberi pengalaman kepada anak. Tetapi ini harus disertai, pada saat yang sama, dengan menumbuhkan rasa hormat terhadap nash. Kita ajak mereka untuk mengingat betapa berbedanya sikap Imam Malik rahimahullah manakala beliau hendak menyampaikan Hadits, meski cuma satu dengan ketika beliau hendak menyampaikan perkara lainnya. Kita juga dapat menunjukkan kepada anak-anak bagaimana seharusnya bersikap terhadap mushaf al-Qur’an. Bermula dan perlakuan yang penuh hormat, perilaku fisik yang tepat serta sikap yang memuliakan al-Qur’an, kita sungguh-sungguh berharap mereka kelak juga memiliki penghormatan yang sangat tinggi terhadap nash pada saat harus memecahkan masalah dan mengambil petunjuk hidup.
Penghormatan terhadap al-Qur’an dan Hadits ini harus satu rangkaian dengan mengakrabkan mereka terhadap keduanya.
Wallahu a’lam bish-shawab.

MENGIMANI NASH
Tak ada artinya penghormatan tanpa mengimani apa-apa yang datang dari al-Qur’an dan As-Sunnah Ash-Shahihah. Saya telah membaca berbagai buku yang ditulis orang kafir dan di dalamnya terdapat nukilan dan perkaraan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau al-Qur’an. Mereka mengambilnya, tetapi bukan menjadikannya sebagai sumber kebenaran yang diimani. Mereka hanya mengambil sebagai kaca mutiara.
Di sejumlah sekolah, kita kadang melihat kutipan terjemah al-Qur’an mengiringi kaca mutiara dari sekian banyak orang. Kutipan terjemah ini hanya menjadi salah satu saja. Ironisnya kata mutiara lain bukan penguat agar murid mencintai al-Qur’an, melainkan kalimat yang tidak saling terkait isinya. Ini tampaknya baik tetapi justru menjadikan penghormatan anak terhadap al-Qur’an surut dan keimanannya terhadap nash melemah.
Wallahu a’lam bish-shawab.
Maka, hal penting yang harus menjadi perhatian kita semenjak awal anak masuk sekolah adalah menumbuhkan keimanan mereka kepada nash. Mengimani rasul berarti mengimani apa-apa yang benar-benar diucapkan oleh beliau. Itu sebabnya dalam perkara Hadits, kita ajak anak-anak untuk senantiasa memastikan apakah Hadits tersebut dapat diterima ataukah tidak. Ini berbarengan dengan menanamkan kehati-hatian dalam diri mereka agar tidak gegabah menyandarkan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Terkait mengimani Allah subehanahu wa ta’ala dan rasul-Nya, mari kita ingat sejenak firman Allah, “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah bariman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya” (An-Nisa’ (4): 136).

RUJUK KEPADA NASH
Betapa banyak orang yang tahu betul kebenaran al-Qur’an dan Hadits, tapi berat baginya menerima, mengakui dan mengikuti. Di antara sebab beratnya diri mengikuti nash adalah karena ia telah sedemikian yakin pada apa yang disebut temuan ilmiah, atau perkataan tokoh yang telanjur amat ia kagumi, atau sebab lain. Sikap yang ditunjukkan oleh para ulama terdahulu mengajarkan kepada kita betapa perlunya mendidik diri untuk setiap saat siap rujuk kepada nash, yakni meralat pendapar sendin ka­rena mengetahui bertentangan dengan nash.
Mari kita ingat sejenak perkataan Imam Syafi’i rahimahullah, ”Jika terdapat hadits yang sahih, maka lemparlah pendapatku ke dinding. Jika engkau melihat hujjah diletakkan di atas jalan maka itulah pendapatku”.
Sejajar dengan sikap ini adalah menumbuhkan dalam diri mereka kejujuran ilmiah sebagai bagian dari adab terhadap nash. Salah bentuknya adalah tidak segan-segan berkata “saya tidak” jika memang tidak mengetahui. Bukan bersibuk-sibuk mencari dalil agar tampak berilmu.
Wallahu a’lam bish-shawab.
Pertanyaannya, sudahkah sikap semacam ini kita tumbuhkan pada diri anak-anak kita di sekolah?

No comments:

Post a Comment

silakan komentar