Pages

Thursday 12 January 2012

MUHKAM DAN MUTASYABIH (1)

Tugas Ulumul Al-Quran

MUHKAM DAN MUTASYABIH







Disusun oleh:
MUH. ALI FIQRIH IQBAL
MUH. Abid fauzan




JURUSAN PENDIDIKAN AGAM ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN
MAKASSAR 2008




 KATA PENGANTAR

        Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt karena berkat limpahan nikmat dari-Nya sehingga makalah kami yang berjudul “Muhkam dan Mutasyabih” dapat diselesaikan, shalawat serta taslim tak lupa kami kirimkan atas junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam yang telah memabawa ummat ini dari alam gelap gulita menuju alam terang benderang.

          Dalam rangka penyelesaian Makalah ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak yang ikhlas meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya dalam memberikan arahan dan bimbingan pada penulis sehingga dapat menyelesaikan penulisan makalah ini.

            Walaupun dengan usaha maksimal telah kami lakukan, tapi sebagai manusia biasa tentunya tidak luput dari kesalahan, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami dari penulis mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini, dan kiranya makalah ini dapat memberikan masukan dan informasi kepada semua pihak yang berkaitan dengan hal ini.

            Akhirnya dengan segala kerendahan hati, penulis mohon maaf atas segala kekhilafan dan kesalahan. Kiranya segala bantuan pengorbanan yang telah diberikan oleh semua pihak, mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wataala. Amin….
Wassalam

Makassar, April 2008


Penulis



                                                                     BAB I
                                                          PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

        Umat Islam merupakan umat terbesar di dunia. Penduduk Islam terus berkembang suatu kegembiraan yang sangat bagi umat Islam. Islam sendiri mengharuskan umatnya untuk berhubungan dengan Al-Qur’an dan hadist sesuai akidah Islam. Selanjutnya berdasarkan pemahaman para sahabat tabi’in tabi’ tabi’in serta ulama.
Salah satu sumber yang masih dipakai pada agama ini selain Al Qur’an dan Assunnah. Al-Quran memiliki cabang ilmu yaitu Ulum Al-Quran yang digunakan sebagai dasar dalam memahami dan menempatkan Al-Quran dengan benar.

             Salah satu persoalan “Ulum Al-Quran” yang masih diperdebatkan sampai sekarang adalah katagorisasi muhkam-mutasyabih. Telaah dan perdebatan diseputar masalah ini telah banyak mengisi lembaran khazanah keilmuan Islam, terutama menyangkut penafsiran Al-Quran. Perdebatan ini tidak saja melibatkan sarjana-sarjana muslim sendiri karena sarjana-sarjana Barat pun ikut mewarnainya.

                     Sehingga penulis ingin membahas hal yang mengenai tentang Muhkam dan Mutasyabih.


B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Muhkam dan Mutasyabih?
2. Bagaimana sikap para ulama terhadap ayat-ayat Muhkam dan Mutasyabih?


 

No comments:

Post a Comment

silakan komentar