Pages

Sunday 12 October 2014

COTO DAN ENTERPRENEUR




Ceritanya lagi sibuk-sibuknya kuliah, kini bertambah dengan kesibukan mengurus usaha baru keluarga yaitu warung makan COTO. Selama ini hidup di rumah orang tua praktis kesibukan saya pun mau tidak mau harus bantu-bantu sebagai “birulwalidain”. Biasanya untuk urusan makan yang dulu tinggal ke meja makan tapi kini usaha dulu buat coto. Selain mengisi perut juga menghemat pengeluaran orangtua. Jadinya ibu tak perlu lagi sibuk di dapur.. asik e..


Walaupun agak berat menjalani hal baru ini. Ana baru menyadari bila ini juga menumbuhkan semangat wirausaha. Semangat wirausaha sebenarnya sudah di jalani ayah karena dulu kerja di pasar di makassar. Saya pun ketika kecil sering di bawa ke pasar bila libur sekolah. Kini saya menyadari membuka usaha juga amat penting untuk membangun karakter kemandirian serta kesabaran. Selain itu realitanya negeri kita ini membutuhkan para pengusaha atau enterpreneur. 

tahukah kita jumlah pengangguran di negeri ini terus bertambah dari tahun ke tahun. Tahun 2003 saja jumlah pengangguran mencapai angka 9,57% tahun 2004 menjadi 9,86%. Tahun 2005 angkanya terus naik menjadi 10, 9%. Itu tahun 2005, gimana dengan sekarang? Wallahualam. Kenapa demikian? Mungkin salah satunya karena terlalu banyaknya yang mau jadi bawahan sebuah instansi atau perusahaan. Kenapa kita tidak dirikan usaha kecil dulu dan membuka lapangan pekerjaan nantinya atau disebut wirausaha.

Di negeri yang bernama Amerika yang banyak orang sebut negeri super power katanya ini, memiliki banyak pengusaha atau entrepreur. Di negeri ini setiap 11 detik lahir entrepreneur baru berikut perusahaan. Negeri kita begitu kaya raya bila pemuda-pemudanya banyak membuka usaha untuk mengelola SDA negeri ini maka begitu dahsyatnya perekonomian kita.

Namun ini bukan menunjukkan saya menyuruh anda keluar dari kampus lalu buka usaha. Tidak namun saya ingin mendefenisikan entrepreneur tak hanya wirausaha tapi juga sebagai spirit yang harus di miliki oleh semua orang apapun profesinya. Orang yang memiliki spirit entrepreneur adalah orang yang mampu menyederhanakan sesuatu yang rumit. Memiliki semangat juang yang tinggi selalu melakukan inovasi.

Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa merasakan bagaimana berusaha mencari reseki. Tak perlu lagi saya bergabung di organisasi kampus yang konsen melatih wirausaha. Ini juga bisa menjadi pembelajaran untuk masa depan -seperti kalo sudah nikah- ahm..ahm.

FOTO WARUNG COTO KELUARGA :


VIDEO BUAT COTO


No comments:

Post a Comment

silakan komentar