Pages

Wednesday 29 October 2014

AHLAN WA SAHLAN DI KAMPUS PERADABAN




Hari itu masih sangat pagi, ketika rombongan anak muda datang untuk memenuhi syarat menjadi mahasiswa untuk pertama kalinya yaitu ospek(oreantasi kampus) -atau apapun namanya-. Wajah gembira tergambar jelas ketika melangkahkan kaki di kampus. Di terima di kampus ternama adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Banyak kenangan di SMA dahulu kini mereka melangakah ke dunia baru.


Ahlan wa sahlan Selamat datang para intelektual muda di kampus peradaban! Begitulah yang tertulis di spanduk-spanduk yang bermacam tapi isinya sama. Selamat datang para pejuang ! di sini di ruang-ruang ilmiah bernama kampus jadilah mahasiswa hebat. Manfaatkanlah segala yang ada untuk menjadi insan kamil tanpa rekayasa genetika. Karena disini berkembang sesuai rasional dan ilmiah sesuai kehendak Allah.

Maka banyaklah membaca dan analisalah dengan cermat segala ilmu. Lalu tulislah ide-idemu dari hasil pemikiranmu. Tidak masalah bila salah ‘kan kita lagi belajar, wajar bila salah. Bila salah perbaiki lagi tingkatkan lagi kualitas baca dan nalar kita. Tak lupa berharap pada Sang Pemilik Ilmu Allah, agar di beri sedikit ilmu dariNya.

Tancapkanlah dalam jiwa kesabaran dalam belajar jangan sombong, arogan, fanatisme yang sudah kuno. Justru zaman kita kompetisi “berlomba-lomba dalam kebaikan”. Saling bersaing dalam mendapat ilmu tapi jangan egois harus tetap berbagi. Bila ada teman masih kurang bantulah. Agar kita bisa menjadi tim yang solid dalam membangun bangsa.

Bangsa kita amat membutuhkan pemuda-pemuda seperti kita. Di pundak kitalah masadepan negeri ini di titipkan. Bangsa ini telah banyak melewati masa-masa dan tokoh-tokoh. Mulai dari Imam Bonjol sampai Soekarno-Hatta, semua telah menanam peradaban bangsa ini. Mereka dapat kita contoh kebaikan mereka. Sesungguhnya kini kita dapat menjadi peradaban besar seperti bangsa yang maju lainnya. 

Maka melalui kampus yang berperadaban ini kita rangkai peradaban bangsa yang bermartabat dan gemilang..!!

Tulisan ini masuk dalam naskah buku
"menjadi mahasiswa peradaban"

FOTO KEGIATAN PENYAMBUTAN MABA 2014





No comments:

Post a Comment

silakan komentar