Pages

Saturday 25 June 2016

SURAT DARI ADIK-ADIKKU; SEBUAH INSPIRASI KULIAH DI LUAR NEGERI MADINAH



Ketika itu seperti biasa ana tiap bulan mendapatkan majalah gontor karena ada dua adikku yang belajar di pesantren gontor di jawa sana. Yah banyak hal yang membuatku tertarik untuk menuju keluar sulawesi salah satunya karena adik-adikku. Adik-adikku hampir semua belajar keluar pulau sulawesi. Ada yang dari SMP ada yang dari kuliah.


Sehingga ana mendapat juga surat-surat ke rinduan mereka di tempat mereka belajar. Ada yang menceritakan kerinduan sama orangtua dan keluarga besar. Ada juga menceritakan kondisi pondok mereka belajar. Yang sangat istimewah adalah salahsatu adikku sukses menembus luarnegeri kuliah S1 tidak tanggung tanggung kuliahnya di madinah. Tempat yang selalu ana rindukan dan kaum muslimin.

Maka suratnya pun sangat ana memberikan perhatian khusus. Maka terakhir ku baca suratnya tentang doa untuk ana kuliah juga di sana... amin. Yah begitulah.. karenanya ana ingin juga merasaakan tanah suci madinah sambil menuntut ilmu disana. Ana percaya semua ikhwa pasti ingin kuliah di sana dan nantinya menjadi ulama benteng penjaga ummat.

Ikhtiar untuk kuliah di sana masih terus ana impikan dan usahakan. Tidak mudah bagi ana yang serba kekurangan untuk kuliah disana. Namun usaha dan mimpi tetap terus ada. Bukankah Allah telah mencatat niat-niat dan usaha kita semua. Banyak manfaat yang kita dapatkan bila berhasil kuliah di madinah.

Pemerintah arab saudi secara umum memberikan banyak fasilitas bagi mahasiswa yang kuliah di sana. Bahkan ana katakan LEBIH. Mulai dari fasilitas yang lengkap dan memadai seperti full AC, dosen berkompeten, perpustakan yang lengkap , buku-buku gratis, sarana olah raga dan kesehatan, uang saku perbulan berkisar antara SAR 800-2500 ( antara Rp 2 Juta- Rp 6,2 Juta), hingga tiket pesawat pulang-pergi setiap libur musim panas.

Dari semua fasilitas itu yang lebih penting bisa mendapatkan ilmu langsung dari tempat asalnya. Allahuakbar. Maka tahun lalu ana ikut muqobalah test penerimaan mahasiswa madinah jalur khusus. Yaitu di mana kami di wawacarai serta mengikuti dauraoh beberapa hari yang di isi oleh syekh-syekh dosen dari madinah.

Video kegiatan muqobalah tahun lalu di UNM


No comments:

Post a Comment

silakan komentar