APAKAH MEMBACA KOMIK MEMBUAT SISWA MALAS.....??? |
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Tempat Penelitian
Tempat penelitian adalah di SMA
Negeri 3 Makassar Kelas XII.
B. Populasi dan Sampel
Populasi dari penelitian
ini adalah siswa SMU Negeri 3 Makassar Kelas XII tahun pelajaran 2006-2007 yang
pernah atau gemar baca komik.
Dalam penelitian
ini adapun sampel yang dapat diperoleh sebagai berikut : Sampel yang diperoleh
dengan melibatkan siswa kelas XII dengan jumlah 50 orang.Dimana dibedakan siswa
berprestasi berdasarka peringkat kelas mulaiperingkat 1-10 dan siswa yang
kurang berprestasi berdasarka peringkat kelas mulaiperingkat10 kebawah.
C. Jenis Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat deskriptif.
Karena penelitian ini
menggambarkan pengaruh membaca komik terhadap prestasi belajar siswa.
D. Alat Pengumpul Data
Alat pengumpul data berupa angket. Angket ini
dikembangkan sendiri oleh penelitian
sesuai tujuan penelitian.
E. AnalisisData
Untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah penelitian, data yang diperoleh dianalisis
dengan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis persentase dan
distribusi frekuensi.
BAB IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian
didapat jawaban dari para responden yang menggambarkan pengaruh membaca komik
terhadap prestasi belajar siswa sebagai berikut :
Tabel. 1 Hasil Penelitian
KODE
SOAL
|
JENIS JAWABAN
|
JAWABAN
|
PERSENTASE
|
||
berprestasi
|
kurang berprestasi
|
berprestasi
|
kurang berprestasi
|
||
1.
|
Setuju
Tidak Setuju
Tidak Tahu
|
3
13
9
|
3
14
8
|
12%
52%
36%
|
12%
56%
32%
|
2.
|
15 menit
30 menit
sejam
>1 jam
|
2
12
6
5
|
9
11
4
1
|
8%
48%
24%
20%
|
36%
44%
16%
4%
|
3.
|
Sering
Kadang-kadang
Jarang
Tidak pernah
|
8
13
3
1
|
6
9
7
3
|
32%
52%
12%
4%
|
24%
36%
28%
12%
|
4*.
|
Di rumah
Di sekolah
Di tempat umum
|
27
20
12
|
15
29
11
|
27%
20%
12%
|
15%
29%
11%
|
5.
|
Setuju
Tidak Setuju
Tidak Tahu
|
15
6
4
|
18
5
2
|
60%
24%
16%
|
70%
22%
8%
|
6.
|
Setuju
Tidak Setuju
Tidak Tahu
|
10
6
9
|
18
6
1
|
40%
24%
36%
|
72%
24%
4%
|
B. Pembahasan
Berdasarkan dari tabel di atas 25
orang responden yang berprestasi dan 25
responden yang kurang berprestasi
menunjukkan bahwa adanya pengaruh membaca komik terhadap prestasi
belajar siswa SMU Negeri 3 Makassar.Dari responden yang berprestasi setuju
bahwa membaca komik dapat menggagu pelajaran (12%), tidak setuju (52%),dan
tidak tahu (36%).sedang yang kurang berprestasi setuju bahwa membaca komik dapat menggagu
pelajaran(12%),tidak setuju(52%)dan tidak tahu(32%).Dari responde yang
berprestasi lamanya membaca komik hanya 15 menit (8%),30 menit (48%),sejam(24%),danlebih
sejam (20%) sedang yang kurang berprestasi lamanya membaca komik hanya 15 menit
(36%),30 menit (44%),sejam(16%),danlebih sejam (4%).Dari responden yang
berprestasi sering membaca komik ketika pelajaran berlangsung(
32%),kadang-kadang (52%),jarang (12%),tidak pernah(4%),sedang yang kurang
berprestasi sering membaca komik ketika pelajaran
berlangsung(24%),kadang-kadang(36%),jarang(28%),tidakpernah (12%).Dari
responden yang berpestasi membaca komik dirumah ada 27 orang, disekolah 20
orang ,dan ditempat umum 12 orang , sedang yang kurang berprestasi dirumah ada 15 orang, disekolah 29 orang ,dan
ditempat umum 11 orang. Dari responden yang berprestasi setuju membaca komik
hanya untuk mengisi waktu luang (60%),tidak setuju (24%),tidak tahu
(16%),sedang yang kurang berprestasi setuju membaca komik hanya untuk mengisi
waktu luang (70%),tidak setuju (22%),tidak tahu (8%).Dari responden yang
berprestasi setuju memilih mengerjakan tugas dari pada membaca komik(40%),tidak
setuju(24%),tidak tahu(36%), Dari responden yang kurang berprestasi setuju
memilih mengerjakan tugas dari pada membaca komik(72%),tidak setuju(24%),tidak
tahu(4%).
BAB V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Makassar tidak terdapat
pengaruh mempengaruhi membaca komik walaupun berprestasi atau kurang
berprestasi , akan tetapi ini dihubungkan atau dikarenakan siswa memiliki
tingkat lamanya membaca komik hanya 15-30 menit yang sama.Ini juga dilihat dengan
pandangan siswa terhadap aktivitas membaca komik yang hanya untuk mengisi waktu
luang dan lebih memetingkan mengerjakan tugas, baik itu yang berprestasi maupun
yang kurang berprestasi.
Tetapi disini terdapat kekurangan dimana siswa yang
berprestasi kadang kala juga membaca komik disekolah dahkan membaca komik saat
pelajaran berlangsung, begitu juga bagi siswa yang kurang berprestasi.
Kesimpulan tersebut dapat membuktikan adanya pengaruh
membaca komik terhadap prestasi belajar siswa bila tingkat lama membaca komik
berlebihan (>1 jam),dan lebih mementingkanmembaca komik dari pada mengerjakan
tugas.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan maka saran
yang tepat dalam penelitian
ini sebagai berikut :
1.
Memberi
sangsi kepada siswa yang membaca komik ketika pelajaran sedang berlangsung.
2.
Menjelaskan
membaca komik hanya untukmengisi waktu luang
3.
Mengarahkan
siswa untuk membaca yang lebih bermanfaat
4.
Meningkatkan
pengetahuan dengan berdiskusi tentang pengaruh membaca komik.
5.
Meningkatkan
belajar siswa guna mengembangkan prestasi belajar siswa.
6.
Menambah
tugas dirumah , disekolah, dan diluar rumah.
DAFTAR PUSTAKA
Kuswandi,
Wawan.Drs. 1996. Komunikasi Massa Seluruh Analisis Media, Jakarta : Rineka Cipta.
Ali,
Lukman, dkk. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.
Purwanto.
2003. Bahasa Indonesia SMP, Surakarta
: Penerbit PT. Pabelan.
Lampiran
ANGKET PENELITIAN
JUDUL PENELITIAN :
“PENGARUH
BACA KOMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISIWA”
Nama :
Kelas :
Umur :
Jenis Kelamin :
Peringkat Kelas :
PERNYATAAN :
1.
Membaca
komik dapat mengganggu pelajaran sekolah
Setuju Tidak
Setuju Tidak tahu
2.
Berapa
lama anda membaca komik
15 menit 30 menit sejam >1 jam……
3.
Anda
membaca komik ketika pelajara berlangsung
Sering kadang –kadang jarang tidak pernah
4.
Dimana
anda membaca komik
Di
rumah di sekolah tempat umum……
5.
Saya
membaca komik hanya untuk mengisi waktu luang
Setuju Tidak
Setuju Tidak tahu
6.
Saya
lebih memilih mengerjakan tugas dibanding membaca komik
Setuju Tidak
Setuju Tidak tahu
NB: isilah dengan jujur dan benar
|
RIWAYAT
HIDUP PENULIS
Muh.Abid
Fauzan
Anak
pertama dari enam bersaudara,Ibu Hj.Dr. Farida dan Bapak H.Abu Bakar,SE.Penulis
telah menyelesaikan pendidikan SDN Balang Baru I MAKSSAR,SMPN 1 MAKASSAR
,sementara menyelesaiakn studi SMAN 3MAKASSAR.Penulis pernah mendapatkan juara
III pada lomba karyatulis ilmiah didepartemen penyiaran Indonesia se-Sulawesi
selatan.
Trie
Manarfea TM
Anak
keempat dari empat bersaudara,Penulis sementara menyelesaikan studinya di
SMAnegeri 3 makassar dikelas XII IPA D nomor NIS 2420043
|
LEMBAR
PENGESAHAAAN
- JUDUL:
PENGARUH MEMBACA KOMIK TERHADAP PRESTASI
BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 MAKASSAR
- PENULIS:
NAMA :Muh.
Abid Fauzan
Trie Manarfa TM
KELAS :XII IPA D
MAKASSAR, Mei 2007
Penulis,
Muh.
Abid Fauzan Trie Manarfa TM
NIS
2420234
NIS
2420043
Mengetahui,
Pembina
H. Safaruddin, S.pd
NIP
138
Disetujui,
Kepala Satuan Pendidikan SMAN 3 Makassar
Drs.Ambo Sakka.
NIP. 131416680
No comments:
Post a Comment
silakan komentar