Pages

Sunday 1 October 2017

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN ROHIS : PROPOSAL MSDP FK2PI MAKASSAR



A.        MUQADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kami memujiNya, memohon pertolonganNya dan ampunan serta bertaubat kepadaNya dari kejahatan jiwa-jiwa kami dan keburukan amal-amal kami. Barang siapa Barangsiapa diberi hidayah oleh Alloh niscaya tidak seorangpun yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa disesatkan olehNya niscaya tiada seorangpun yang dapat memberinya hidayah.
Kami bersaksi tiada ilah yang berhak untuk diibadahi dengan benar selain Allah semata, tiada sekutu bagiNya dan Allah pula yang telah memberi Rahmat dan HidayahNya. Salam dan shalawat diberikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, pengukir sejarah islam yang terindah dalam kehidupan dunia ini, yang merupakan qudwah (teladan) seluruh manusia beserta para sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in beserta orang-orang yang tetap istiqamah di jalanNya hingga akhir zaman.
Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, (artinya), “Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran:104)
Dalam ayat yang lain, Alloh Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman yang artinya, “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik”. (QS:Ali Imran:110)
B.         DASAR PEMIKIRAN
“Semua anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, kedua orang tuanyalah yang menjadikan majusi, yahudi, atau nasrani,” Demkianlah Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam Bersabda.
            Hadits ini secara tegas menyebutkan bahwa potensi dasar setiap orang adalah fitrah atau suci. Ia lahir dalam keadaan tidak bernoda setitik pun, ibarat kanvas putih bersih yang belum disentuh coretan. Lingkunganlah nantinya yang akan menuangkan goresan-goresan kehidupan diatasnya. Sedangkan lingkungan terdekatnya adalah kedua orang tua, setelah itu masyarakat sekitar, sekolah, dan dunia pada umumnya. Kini dengan  majunya teknologi informasi, yang dekat dengan yang jauh sulit dipetakan. Boleh jadi kebudayaan yang secara geografis sangat jauh letaknya menjadi sangat dekat, lebih dekat bahkan dari lingkungan alaminya. Boleh jadi pula, ayah ibu yang secara fisik selalu dalam kebersamaan, menjadi semakin jauh dalam wilayah psikologis.
Hanya pada realitanya, ketika seorang anak menginjak usia remaja, dengan deraan berbagai budaya dan gaya hidup, orang tua justru tidak berdaya untuk mengaktualisasikan perannya. Ada diantaranya memang miskin bekal pengetahuan menjadi orang tua, namun adapula diantaranya yang asik sendiri dengan dunia dan sibuk dengan ambisi karirnya. Sementara system social politik yang seharusnya menjadi pengayom-pun sering kurang memberikan kepedulian kepada mereka. Padahal kita semua sadar bahwa para remaja merupakan sebuah asset yang sangat besar untuk melanjutkan estafet perbaikan bangsa ini.
            Remaja merupakan sebuah fase yang dialami setiap generasi pelanjut kita, dan kebanyakan dari mereka saat ini telah duduk dibagku-bangku SMA untuk mengenyam  sebuah pendidikan.  Masa remaja/ SMA, banyak  orang mengatakan bahwa ini merupakan masa “titik Tolak” kita. Pada pertumbuhan fisik, psikologis, dan mental yang normal dan sehat, makanya masa ini menjadi masa seorang remaja mulai ingin mencari apa maunya. Makanya ,tidak heran kalau dimasa ini para remaja menggali semua keingintahuannya. Oleh karena itulah dimasa inilah seorang remaja semestinya mendapat pendampingan yang ekstra agar mereka tidak terjatuh dalam hal-hal yang merusak dirinya . Seperti pada hari ini banyak diantara remaja kita yang jatuh untuk mencoba NARKOBA, Seks bebas, dan berbagai macam bentuk kenakalan remaja lainnya.
            Maka dari itu, kami memandang bahwa SMA yang merupakan sebuah institusi pendidikan yang sangat signifikan dalam pembentukan karakter diri setiap remaja . Ditempat inilah generasi pelanjut kita yang mengalami masa-masa transisi sangat mudah  terpengaruh dengan berbagai macam kondisi yang menguasai mereka. Maka dari itu mereka perlu sebuah pendampingan bagi generasi pelanjut ini.
            Membangun generasi pelanjut yang berkualitas tidak bisa dibangun dalam satu  hari saja, diperlukan usaha keras dan berkelanjutan dari setiap individu-individu dan lembaga-lembaga yang peduli akan kelangsungan generasi pelanjut  yang cerdas dan berakhlak mulia ini. hal tersebut tidak bisa dilakukan secara parsial, tetapi dibutuhkan usaha yang sinergik agar mengahasilkan output yang optimal
            Maka kami dari Forum Komunikasi Kajian Pelajar Islam (FK2PI) berinisiatif untuk mengambil peran ini, dengan bekerjasama dengan setiap elemen-elemen yang terkait, seperti Pihak sekolah, untuk membagun dan mengembalikan kejayaan ummat ini dengan menciptakan “Generasi  Cerdas dan Berakhlak Dunia Akhirat”
B.            PROFIL FK2PI                                                                                                             
Forum Komunikasi Kajian Pelajar Islam (FK2PI) merupakan sebuah wadah yang didirikan pada tahun 1423 H/  2003 M di Makassar, sebelumnya bernama FK2I namun berubah menjadi FK2PI pada muktamar II karena cakupan kerja wadah ini meliputi para pelajar makassar. Proses penbentukannya didasari karena adanya persamaan visi yang dinginkan perwakilan rohis-rohis SMA se Makassar pada waktu itu. Makanya, Pengurus dari FK2PI ini berisi Alumni-Alumni SMA/SMK/ MAN sederajat ditambah Pelajar SMA yang saat ini tidak menjabat dalam kepengurusan rohis sekolah. Tujuan utama FK2PI yakni mengoptimalkan tersebarnya syiar Islam dan pembinaan dikalangan para pelajar, sehingga kejayaan dan peradaban islam yang dulu ada dapat kembali lagi, dari sebuah generasi yang cerdas dan unggul dari segi intelektual, emosional, dan spiritual.
C.          LANDASAN
1.      A            l-Qur’an Dan As-Sunnah
2.      Program kerja FK2PI
D.           NAMA PROGRAM
Moslem Student Development Program
E.            VISI
               ”Membentuk Generasi Cerdas dan Berakhlak Dunia Akhirat

F.            MISI
Menyelengarakan kegiatan-kegiatan islami yang Intensif dan berkelanjutan di Seluruh SMA/ SMK/ MAN sederajat yang menunjang pengembangan Intelektual, Emosional danSpritual seluruh siswa
G.          SASARAN
Seluruh Siswa-Siswi Muslim SMA/ SMK/ MAN sederajat se- Makassar
H.          MANFAAT PROGRAM
Bagi Siswa
v  Meningkatkan kemampuan dasar-dasar ke islaman dan memberantas buta huruf Al-Quran dikalangan siswa
v  Meningkatkan Motivasi belajar siswa
v  Meningkatkan interpersonal skill siswa
v  Lingkungan yang kondusif bagi pengembangan kepribadian siswa
v  Bisa berbagi pengalaman baik terhadap dunia sekolah maupun tentang dunia pasca sekolah (Perguruan Tinggi)
Bagi Sekolah
v  Membantu meningkatkan kualitas lulusan yang cerdas, kreatif dan islami
v  Membantu meningkatkan nama baik sekolah
v  Mengurangi angka kenakalan remaja

I.                        WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini berlangsung selama setahun/dua (2) semester dan tempat pelaksanaannya disekolah masing-masing
J.           BENTUK KEGIATAN
(Terlampir)

K.          PELAKSANA
Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama pihak sekolah bersangkutan dengan Forum Komunikasi Kajian Pelajar Islam Makassar (FK2PI)
Nama-nama Panitia (Terlampir)
L.           KHATIMAH
          Demikianlah proposal ini dibuat sebagai gambaran dari kegitan ini. Diharapkan dapat menjadi salah satu wujud kepedulian nyata dalam membangun kualitas pelajar yang cerdas dan berakhlak Islami. Atas apresiasi yang baik dari semua pihak, kami sampaikan Jazakumullahu Khairan (Semoga Alloh membalasnya dengan kebaikan). Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua.
                                                                                           



 Makassar, 7   Sya’ban 1430 H
                                                                                                              29     Juli  2009   M

Pelaksana,


Zulfandy
Ketua

Muh. Abid Fauzan
Sekertaris

Mengetahui,



Mukhtadin Akbar
Ketua FK2PI



Syam Ratu Jannah
Ketua FUM









Lampiran 1
Deskripsi kegiatan
Islamic Training “ Ramadhan For Teens”
Islamic Training merupakan kegiatan Pesantren Kilat yang diadakan dibulan Suci Ramadahan yang berlangsung selama 3 hari. Pada kegiatan ini siswa akan dibekali dengan meteri-materi keislaman, serta materi-materi suplemen lainnya beserta games-games/paket-paket  yang menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali seluruh siswa dengan pemahaman-pemahaman dasar islam yang dengannya  mereka bisa memaknai seluruh aktifitas hidupnya terutama dalam bulan suci Ramadhan ini.adapun materi dan pemateri digambarkan dibawah ini :
Materi dan Pemateri
Sistematika materi yang ditawarkan pada kegiatan pesantren kilat ini adalah sebagai berikut
v  Materi Inti
Yaitu materi yang secara khusus harus diberikan dalam kegiatan pesantren kilat dan merupakan kekuatan penting untuk membangun perubahan dalam diri peserta pesantren kilat. Adapun materi inti terdiri atas
·         Keutamaan menuntut Ilmu dan Penuntut Ilmu
·         Mengenal Allah Subhanahu Wa Ta’ala
·         Mengenal Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam
·         Mengenal Dinul Islam
·         Ukhuwah Islamiyah
·         Problematika Remaja
·         Al-Quran Pedoman Hidupku
·         Ibadah Praktis (Kaifiyat Tharah dan Shalat)
·         Akhlak dan Adab Islami
·         Metode Pembinaan Islam
v  Materi Penunjang
Adapun materi yang dapat diberikan untuk mendukung kemampuan peserta didik dalam melakukan pengembangan diri, termasuk wawasan yang dapat membekali diri peserta dalam menimba ilmu lain setelah kegiatan pesantren kilat. Adapun materi umum teridiri atas
·         Ghozwul Fikri (Invasi Pemikiran)
·         Kepemimpinan
·         Manajemen Waktu
v  Materi Tambahan
Adalah materi yang dapat dipilih oleh panitia sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan peserta. Materi ini juga dapat dimodifikasi kepada hal-hal yang lebih aktual atau isu-isu yang sedang terjadi ditengah masyarakat. Adapun materi pilihan ini terdiri dari :
·         Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas
·         Potret Pelajar Islam
·         Belajar Efektif
Yang akan  menjadi nara sumber pada kegiatan ini adalah tim instruktur pesantren kilat FK2PI yang berasal dari Lembaga Dakwah Kampus Universitas-Universitas yang ada di Makassar

Waktu Dan Tempat
Kegiatan Islamic Training  (Peskil Ramadhan) dibagi menjadi tiga gelombang yang akan di mulai pada tanggal 22 Agustus – 8 September 2009. Dan bertempat di sekolah masing-masing
 




Student Charity
Student Charity merupakan kegiatan yang berusaha melati kepekaan social para siswa-siswa dengan mengumpulkan apa-apa yang mereka miliki, baik dana, pakaian bekas, atau hal-hal lain yang bermanfaat yang bisa mereka berikan kepada orang-orang yang tidak mampu disekitar mereka. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh para siswa-siswa bersangkutan diakhir penyelenggaraan Islamic Training/ Peskil tiap Gelombangnya
Islamic Weekly Education Club
Islamic Weekly Educatian Club, umumnya biasa disebut mentoring, tarbiyah, atau yang lainnya, dimana kegiatan berlangsung setiap pekannya dalam waktu 1,5-2 jam secara berkelompok (maks 15 orang) dengan mengajarkan perbaikan bacaan Al-Quran, memberikan meteri-materi dasar keislaman,pembentukan akhlak islami, serta sebagai tempat problem solving dari setiap permasalahan siswa-siswa sekolah. Tentunya kegiatan ini bertujuan membentuk pribadi-pribadi yang unggul dan siap menghadapi tantangan zaman kedepannya. Kegiatan ini dibawakan oleh seorang pembina/ mentor yang komunikatif dengan pelaksanaan secara periodik dan kontinyu.

Family Day
Family Day atau Hari bersama, merupakan ajang pembinaan gabungan yang mengumpulkan seluruh kelompok-kelompok IWEC (tarbiyah). Dimana pada kesempatan ini para siswa diberikan penambahan tasqafah (pengetahuan) serta menjalin ukhuwah dan keakraban seluruh peserta tarbiyah yang ada disetiap sekolah. Kegiatan ini akan direncanakan tiap tiga bulan sekali.
Pemberian Buletin Al-Fityan
Bultein Al-Fityan merupakan buletin yang dikeluarkan oleh FK2PI yang berisi materi-materi keislaman, serta informasi kegiatan dakwah yang ada ditiap-tiap sekolah pembinaan FK2PI. Tentunya buletin ini diharapkan mampu menambah pengetahuan para siswa dan membudayakn budaya baca dikalangan siswa-siswi se-Makassar





















Lampiran 2
Flowchart Program MSDP

 


































  *)       Dalam periode pelaksanaan Program ini, akan ada berbagai variatif-variatif kegiatan yang akan menunjang kegiatan diatas
           



Lampiran  3
Panitia Pelaksana

Pembina
Abdul Mun’Im ( Alumni 03 SMA 3 MKS, Alumni Teknik Mesin Unhas)
Affandy Hamid ( Alumni 04 SMAN 17 MKS. Mahasiswa Teknik Sipil Unhas)
Askar Fatahuddin (Alumni 07 SMAN 9 MKS, Mahasiswa Matematika UNM)
Penanggung Jawab   
Mukhatadin ( Alumni 09 SMAN 1, Ketua FK2PI)
Ketua Panitia  MSDP 
 Zulfandy (Alumni 08 SMAN 2 MKS, Mahasiswa teknik Industri Unhas)      
Sekertaris                  
 Muh Abid Fauzan ( Alumni 07 SMAN 3 MKS, Mahasiswa UIN)
Bendahara
Muh. Yusuf Taufiq (Alumni 08 SMAN 2 MKS, Mahasiswa ADM Unhas)
Anggota
Ayyid  Sudirman  (Alumni 08 SMAN 17 MKS, Mahasiswa Farmasi Unhas)
Subhan Hamkah ( Alumni 05 SMAN 01 MKS, Mahasiswa FIKP Unhas)










Lampiran 4
Jadwal Kegiatan Pesantren Kilat Siswa(i)
SMA, SMK & Sederajat
No.
Proses
Ket.
Waktu
Kegiatan
Unsur
Hari Pertama

08.00-08.30
Registrasi peserta
P1,P2

08.30-09.00
Seremoni Pembukaan
Full

09.00-10.00
Kontrak belajar & orientasi kegiatan, serta ta'aruf
P3

10.00-10.30
Pre test
P1,P3

10.30-10.45
Rehat
P1

10.45-12.00
Kewajiban menuntut ilmu
P1,P3,

12.00-13.00
Ishoma
P1,P2

13.00-13.30
Game I
P1,P3

13.30-15.15
Mengenal Allah Tabaraka wa Ta'ala
P1, P3,NS

15.15-16.00
Isho
P1

16.00-17.30
Rasulullah Idolaku
P1, P3, NS

17.30-18.30
Isho
P1,P2

18.30-19.30
Diskusi I
P1,P3

19.30-20.30
Ishoma
P!,P2

20.30-22.00
Indahnya Berislam
P1, P3, NS

22.00-04.00
Istirahat


04.00-05.30
Isho


05.30-06.30
Tahsin Tilawah


Hari Kedua
06.30-07.00
Olah raga


07.00-08.00
Breakfast


08.00-09.30
Problematika Remaja
P1, P3,NS

09.30-11.00
Al-Qur'an pedoman hidup
P1, P3,NS

11.00-12.15
Aku, kau, & dia bersaudara
P1, P3,NS

12.15-13.15
Ishoma
P1,P2

13.15-13.30
Game II
P1,P3

13.30-14.30
Ibadah Praktis (tata cara thaharah & shalat
P1, P3,NS

14.30-15.30
Akhlak & Adab Islami
P1, P3,NS

15.30-16.00
Isho


16.00-17.00
Tarbiyah is my Choice
P1, P3,NS







No comments:

Post a Comment

silakan komentar