A. MUQADDIMAH
Segala puji hanya bagi
Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kami memujiNya, memohon pertolonganNya dan ampunan
serta bertaubat kepadaNya dari kejahatan jiwa-jiwa kami dan keburukan amal-amal
kami. Barang siapa Barangsiapa diberi hidayah oleh Alloh niscaya tidak
seorangpun yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa disesatkan olehNya
niscaya tiada seorangpun yang dapat memberinya hidayah.
Kami bersaksi tiada
ilah yang berhak untuk diibadahi dengan benar selain Allah semata, tiada sekutu
bagiNya dan Allah pula yang telah memberi Rahmat dan HidayahNya. Salam dan
shalawat diberikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, pengukir sejarah islam yang terindah dalam kehidupan dunia ini, yang
merupakan qudwah (teladan) seluruh manusia beserta para sahabat, tabi’in dan
tabi’ut tabi’in beserta orang-orang yang tetap istiqamah di jalanNya hingga
akhir zaman.
Alloh Subhanahu wa
Ta’ala berfirman, (artinya), “Dan
hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebaikan,
menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, mereka itulah
orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran:104)
Dalam ayat yang lain,
Alloh Subhanahu wa Ta’ala juga
berfirman yang artinya, “Kamu
adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang
ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli
Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang
beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik”. (QS:Ali
Imran:110)
B. DASAR PEMIKIRAN
“Semua anak dilahirkan dalam keadaan
fitrah, kedua orang tuanyalah yang menjadikan majusi, yahudi, atau nasrani,”
Demkianlah Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam Bersabda.
Hadits ini secara tegas
menyebutkan bahwa potensi dasar setiap orang adalah fitrah atau suci. Ia lahir
dalam keadaan tidak bernoda setitik pun, ibarat kanvas putih bersih yang belum
disentuh coretan. Lingkunganlah nantinya yang akan menuangkan goresan-goresan
kehidupan diatasnya. Sedangkan lingkungan terdekatnya adalah kedua orang tua,
setelah itu masyarakat sekitar, sekolah, dan dunia pada umumnya. Kini
dengan majunya teknologi informasi, yang
dekat dengan yang jauh sulit dipetakan. Boleh jadi kebudayaan yang secara
geografis sangat jauh letaknya menjadi sangat dekat, lebih dekat bahkan dari
lingkungan alaminya. Boleh jadi pula, ayah ibu yang secara fisik selalu dalam
kebersamaan, menjadi semakin jauh dalam wilayah psikologis.
Hanya pada realitanya, ketika seorang anak menginjak usia remaja, dengan
deraan berbagai budaya dan gaya hidup, orang tua justru tidak berdaya untuk
mengaktualisasikan perannya. Ada diantaranya memang miskin bekal pengetahuan
menjadi orang tua, namun adapula diantaranya yang asik sendiri dengan dunia dan
sibuk dengan ambisi karirnya. Sementara system social politik yang seharusnya
menjadi pengayom-pun sering kurang memberikan kepedulian kepada mereka. Padahal
kita semua sadar bahwa para remaja merupakan sebuah asset yang sangat besar
untuk melanjutkan estafet perbaikan bangsa ini.
Remaja
merupakan sebuah fase yang dialami setiap generasi pelanjut kita, dan
kebanyakan dari mereka saat ini telah duduk dibagku-bangku SMA untuk
mengenyam sebuah pendidikan. Masa remaja/ SMA, banyak orang mengatakan bahwa ini merupakan masa
“titik Tolak” kita. Pada pertumbuhan fisik, psikologis, dan mental yang normal
dan sehat, makanya masa ini menjadi masa seorang remaja mulai ingin mencari apa
maunya. Makanya ,tidak heran kalau dimasa ini para remaja menggali semua
keingintahuannya. Oleh karena itulah dimasa inilah seorang remaja semestinya
mendapat pendampingan yang ekstra agar mereka tidak terjatuh dalam hal-hal yang
merusak dirinya . Seperti pada hari ini banyak diantara remaja kita yang jatuh
untuk mencoba NARKOBA, Seks bebas, dan berbagai macam bentuk kenakalan remaja
lainnya.
Maka dari itu, kami
memandang bahwa SMA yang merupakan sebuah institusi pendidikan yang sangat
signifikan dalam pembentukan karakter diri setiap remaja . Ditempat inilah
generasi pelanjut kita yang mengalami masa-masa transisi sangat mudah terpengaruh dengan berbagai macam kondisi
yang menguasai mereka. Maka dari itu mereka perlu sebuah pendampingan bagi
generasi pelanjut ini.
Membangun
generasi pelanjut yang berkualitas tidak bisa dibangun dalam satu hari saja, diperlukan usaha keras dan
berkelanjutan dari setiap individu-individu dan lembaga-lembaga yang peduli
akan kelangsungan generasi pelanjut yang
cerdas dan berakhlak mulia ini. hal tersebut tidak bisa dilakukan secara
parsial, tetapi dibutuhkan usaha yang sinergik agar mengahasilkan output yang
optimal
Maka kami dari Forum
Komunikasi Kajian Pelajar Islam (FK2PI) berinisiatif untuk mengambil peran ini,
dengan bekerjasama dengan setiap elemen-elemen yang terkait, seperti Pihak
sekolah, untuk membagun dan mengembalikan kejayaan ummat ini dengan menciptakan
“Generasi Cerdas dan Berakhlak Dunia Akhirat”
B. PROFIL FK2PI
Forum
Komunikasi Kajian Pelajar Islam (FK2PI) merupakan sebuah wadah yang didirikan
pada tahun 1423 H/ 2003 M di Makassar,
sebelumnya bernama FK2I namun berubah menjadi FK2PI pada muktamar II karena
cakupan kerja wadah ini meliputi para pelajar makassar. Proses penbentukannya
didasari karena adanya persamaan visi yang dinginkan perwakilan rohis-rohis SMA
se Makassar pada waktu itu. Makanya, Pengurus dari FK2PI ini berisi
Alumni-Alumni SMA/SMK/ MAN sederajat ditambah Pelajar SMA yang saat ini tidak
menjabat dalam kepengurusan rohis sekolah. Tujuan utama FK2PI yakni
mengoptimalkan tersebarnya syiar Islam dan pembinaan dikalangan para pelajar,
sehingga kejayaan dan peradaban islam yang dulu ada dapat kembali lagi, dari
sebuah generasi yang cerdas dan unggul dari segi intelektual, emosional, dan
spiritual.
C. LANDASAN
1.
A l-Qur’an Dan As-Sunnah
2.
Program kerja
FK2PI
D. NAMA
PROGRAM
” Moslem Student Development Program”
E. VISI
”Membentuk Generasi Cerdas dan Berakhlak Dunia
Akhirat”
F. MISI
Menyelengarakan
kegiatan-kegiatan islami yang Intensif dan berkelanjutan di Seluruh SMA/ SMK/
MAN sederajat yang menunjang pengembangan Intelektual, Emosional danSpritual
seluruh siswa
G. SASARAN
Seluruh
Siswa-Siswi Muslim SMA/ SMK/ MAN sederajat se- Makassar
H. MANFAAT
PROGRAM
Bagi Siswa
v Meningkatkan
kemampuan dasar-dasar ke islaman dan memberantas buta huruf Al-Quran dikalangan
siswa
v Meningkatkan
Motivasi belajar siswa
v Meningkatkan
interpersonal skill siswa
v Lingkungan
yang kondusif bagi pengembangan kepribadian siswa
v Bisa
berbagi pengalaman baik terhadap dunia sekolah maupun tentang dunia pasca
sekolah (Perguruan Tinggi)
Bagi Sekolah
v Membantu
meningkatkan kualitas lulusan yang cerdas, kreatif dan islami
v Membantu
meningkatkan nama baik sekolah
v Mengurangi
angka kenakalan remaja
I.
WAKTU
DAN TEMPAT
Kegiatan ini berlangsung selama setahun/dua (2)
semester dan tempat pelaksanaannya disekolah masing-masing
J. BENTUK KEGIATAN
(Terlampir)
K. PELAKSANA
Kegiatan ini terselenggara atas
kerjasama pihak sekolah bersangkutan dengan Forum Komunikasi Kajian Pelajar
Islam Makassar (FK2PI)
Nama-nama Panitia (Terlampir)
L. KHATIMAH
Demikianlah proposal ini dibuat
sebagai gambaran dari kegitan ini.
Diharapkan dapat menjadi salah satu wujud kepedulian nyata dalam membangun
kualitas pelajar yang cerdas dan berakhlak Islami. Atas apresiasi yang baik
dari semua pihak, kami sampaikan Jazakumullahu Khairan (Semoga Alloh
membalasnya dengan kebaikan). Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta’ala
senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua.
Makassar, 7 Sya’ban 1430 H
29 Juli
2009 M
Pelaksana,
Zulfandy
Ketua
|
Muh. Abid Fauzan
Sekertaris
|
Mengetahui,
Mukhtadin Akbar
Ketua FK2PI
|
Syam Ratu Jannah
Ketua FUM
|
Lampiran 1
Deskripsi kegiatan
Islamic Training “ Ramadhan For Teens”
Islamic Training merupakan kegiatan Pesantren Kilat
yang diadakan dibulan Suci Ramadahan yang berlangsung selama 3 hari. Pada
kegiatan ini siswa akan dibekali dengan meteri-materi keislaman, serta
materi-materi suplemen lainnya beserta games-games/paket-paket yang menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah
membekali seluruh siswa dengan pemahaman-pemahaman dasar islam yang
dengannya mereka bisa memaknai seluruh
aktifitas hidupnya terutama dalam bulan suci Ramadhan ini.adapun materi dan
pemateri digambarkan dibawah ini :
Materi dan Pemateri
Sistematika materi yang ditawarkan pada kegiatan
pesantren kilat ini adalah sebagai berikut
v
Materi
Inti
Yaitu materi yang
secara khusus harus diberikan dalam kegiatan pesantren kilat dan merupakan
kekuatan penting untuk membangun perubahan dalam diri peserta pesantren kilat.
Adapun materi inti terdiri atas
·
Keutamaan menuntut Ilmu dan
Penuntut Ilmu
·
Mengenal Allah Subhanahu Wa Ta’ala
·
Mengenal Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam
·
Mengenal Dinul Islam
·
Ukhuwah Islamiyah
·
Problematika Remaja
·
Al-Quran Pedoman Hidupku
·
Ibadah Praktis (Kaifiyat Tharah
dan Shalat)
·
Akhlak dan Adab Islami
·
Metode Pembinaan Islam
v
Materi
Penunjang
Adapun materi yang
dapat diberikan untuk mendukung kemampuan peserta didik dalam melakukan
pengembangan diri, termasuk wawasan yang dapat membekali diri peserta dalam
menimba ilmu lain setelah kegiatan pesantren kilat. Adapun materi umum teridiri
atas
·
Ghozwul Fikri (Invasi Pemikiran)
·
Kepemimpinan
·
Manajemen Waktu
v Materi Tambahan
Adalah materi yang
dapat dipilih oleh panitia sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan peserta.
Materi ini juga dapat dimodifikasi kepada hal-hal yang lebih aktual atau
isu-isu yang sedang terjadi ditengah masyarakat. Adapun materi pilihan ini
terdiri dari :
·
Bahaya Narkoba dan Pergaulan
Bebas
·
Potret Pelajar Islam
·
Belajar Efektif
Yang akan
menjadi nara sumber pada kegiatan ini adalah tim instruktur pesantren
kilat FK2PI yang berasal dari Lembaga Dakwah Kampus Universitas-Universitas
yang ada di Makassar
Waktu
Dan Tempat
Kegiatan Islamic Training (Peskil Ramadhan) dibagi menjadi tiga
gelombang yang akan di mulai pada tanggal 22 Agustus – 8 September 2009. Dan
bertempat di sekolah masing-masing
![]() |
Student Charity
Student Charity merupakan
kegiatan yang berusaha melati kepekaan social para siswa-siswa dengan
mengumpulkan apa-apa yang mereka miliki, baik dana, pakaian bekas, atau hal-hal
lain yang bermanfaat yang bisa mereka berikan kepada orang-orang yang tidak
mampu disekitar mereka. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh para siswa-siswa
bersangkutan diakhir penyelenggaraan Islamic Training/ Peskil tiap Gelombangnya
Islamic Weekly Education Club
Islamic Weekly Educatian
Club, umumnya biasa disebut mentoring, tarbiyah, atau yang lainnya, dimana
kegiatan berlangsung setiap pekannya dalam waktu 1,5-2 jam secara berkelompok
(maks 15 orang) dengan mengajarkan perbaikan bacaan Al-Quran, memberikan
meteri-materi dasar keislaman,pembentukan akhlak islami, serta sebagai tempat
problem solving dari setiap permasalahan siswa-siswa sekolah. Tentunya kegiatan
ini bertujuan membentuk pribadi-pribadi yang unggul dan siap menghadapi
tantangan zaman kedepannya. Kegiatan ini dibawakan oleh seorang pembina/ mentor
yang komunikatif dengan pelaksanaan secara periodik dan kontinyu.
Family Day
Family Day atau Hari
bersama, merupakan ajang pembinaan gabungan yang mengumpulkan seluruh
kelompok-kelompok IWEC (tarbiyah).
Dimana pada kesempatan ini para siswa diberikan penambahan tasqafah (pengetahuan)
serta menjalin ukhuwah dan keakraban seluruh peserta tarbiyah yang ada disetiap
sekolah. Kegiatan ini akan direncanakan tiap tiga bulan sekali.
Pemberian Buletin Al-Fityan
Bultein Al-Fityan
merupakan buletin yang dikeluarkan oleh FK2PI yang berisi materi-materi
keislaman, serta informasi kegiatan dakwah yang ada ditiap-tiap sekolah
pembinaan FK2PI. Tentunya buletin ini diharapkan mampu menambah pengetahuan
para siswa dan membudayakn budaya baca dikalangan siswa-siswi se-Makassar
Lampiran 2
Flowchart
Program MSDP
![]() |
*) Dalam periode pelaksanaan Program ini,
akan ada berbagai variatif-variatif kegiatan yang akan menunjang kegiatan
diatas
Lampiran 3
Panitia Pelaksana
Pembina
Abdul Mun’Im ( Alumni 03
SMA 3 MKS, Alumni Teknik Mesin Unhas)
Affandy Hamid ( Alumni 04
SMAN 17 MKS. Mahasiswa Teknik Sipil Unhas)
Askar Fatahuddin (Alumni
07 SMAN 9 MKS, Mahasiswa Matematika UNM)
Penanggung Jawab
Mukhatadin ( Alumni 09
SMAN 1, Ketua FK2PI)
Ketua Panitia MSDP
Zulfandy (Alumni 08 SMAN 2 MKS, Mahasiswa
teknik Industri Unhas)
Sekertaris
Muh Abid Fauzan ( Alumni 07 SMAN 3 MKS,
Mahasiswa UIN)
Bendahara
Muh. Yusuf Taufiq (Alumni
08 SMAN 2 MKS, Mahasiswa ADM Unhas)
Anggota
Ayyid Sudirman
(Alumni 08 SMAN 17 MKS, Mahasiswa Farmasi Unhas)
Subhan Hamkah ( Alumni 05
SMAN 01 MKS, Mahasiswa FIKP Unhas)
Lampiran 4
Jadwal Kegiatan Pesantren Kilat Siswa(i)
SMA, SMK & Sederajat
No.
|
Proses
|
Ket.
|
||
Waktu
|
Kegiatan
|
Unsur
|
||
Hari Pertama
|
08.00-08.30
|
Registrasi peserta
|
P1,P2
|
|
08.30-09.00
|
Seremoni Pembukaan
|
Full
|
||
09.00-10.00
|
Kontrak belajar & orientasi kegiatan, serta ta'aruf
|
P3
|
||
10.00-10.30
|
Pre test
|
P1,P3
|
||
10.30-10.45
|
Rehat
|
P1
|
||
10.45-12.00
|
Kewajiban menuntut ilmu
|
P1,P3,
|
||
12.00-13.00
|
Ishoma
|
P1,P2
|
||
13.00-13.30
|
Game I
|
P1,P3
|
||
13.30-15.15
|
Mengenal
Allah Tabaraka wa Ta'ala
|
P1,
P3,NS
|
||
15.15-16.00
|
Isho
|
P1
|
||
16.00-17.30
|
Rasulullah
Idolaku
|
P1, P3,
NS
|
||
17.30-18.30
|
Isho
|
P1,P2
|
||
18.30-19.30
|
Diskusi
I
|
P1,P3
|
||
19.30-20.30
|
Ishoma
|
P!,P2
|
||
20.30-22.00
|
Indahnya
Berislam
|
P1, P3,
NS
|
||
22.00-04.00
|
Istirahat
|
|||
04.00-05.30
|
Isho
|
|||
05.30-06.30
|
Tahsin
Tilawah
|
|||
Hari Kedua
|
06.30-07.00
|
Olah
raga
|
||
07.00-08.00
|
Breakfast
|
|||
08.00-09.30
|
Problematika
Remaja
|
P1,
P3,NS
|
||
09.30-11.00
|
Al-Qur'an
pedoman hidup
|
P1,
P3,NS
|
||
11.00-12.15
|
Aku,
kau, & dia bersaudara
|
P1,
P3,NS
|
||
12.15-13.15
|
Ishoma
|
P1,P2
|
||
13.15-13.30
|
Game II
|
P1,P3
|
||
13.30-14.30
|
Ibadah Praktis (tata cara thaharah
& shalat
|
P1,
P3,NS
|
||
14.30-15.30
|
Akhlak
& Adab Islami
|
P1,
P3,NS
|
||
15.30-16.00
|
Isho
|
|||
16.00-17.00
|
Tarbiyah
is my Choice
|
P1,
P3,NS
|
No comments:
Post a Comment
silakan komentar