Pages

Tuesday 29 December 2015

Pengembangan LDF Sebagai Pilar Dakwah Kampus





Ada yang sangat spesial kajian di UNHAS kali ini. Selain menghadirkan Ust. Dr Rahmat Abdurrahman Lc. juga menggabungkan kerjasama anatara banyak LDF (Lembaga Dakwah Fakultas). Kegiatan tersebut adalah KAJIAN ISLAM KONTEMPORER SMS (Solidaritas Muslim Se-FIS) yang mengangkat Tema : "MEREKA DI SEKITAR KITA (Menebar Perang Pemikiran, Menyemai Benih Syubhat)" 


Seingatku kegiatan tersebut pada SELASA, 10 MARET 2015 bada dzuhur. bertempat : Aula Prof. Mattulada Fak. Sastra Unhas, ini di ikuti banyak para mahasiswa ikhwa dan akhwat. Dalam sambutan pelaksana kegiatan menyebutkan kegiatan ini telah lama berlangsung. Dengan rutinya kegiatan tersebut dapat memper erat silaturahmi antar aktivis dakwah fakultas. Tidak tanggung-tanggung hampir semua LDF SE- SOSIAL ikut bekerjasama, yaitu UKM LDM AL-ADAB FS UH, LD MMS FISIP UH, UKM LD MPM ASY-SYARI'AH FH UH,  dan KMMDI FEB UH.

Dalam perjalanannya, dakwah kampus membutuhkan sinersitas antar elemen-elemen penyusunnya. Sinergitas yang dibutuhkan dakwah kampus ini begitu kompleks, mulai dari sinergitas sumber daya manusia sebagai aset terbesar dakwah hingga sinergitas arah gerak elemen dakwah kampus. Sinergitas ini mutlak dibutuhkan. Tanpanya, dakwah kampus akan kehilangan arah yang nantinya akan menghilangkan eksistensi dakwah kampus itu sendiri. 

Pengalaman ana di kampus sangat di sadari peran dari LDF bagi dakwah kampus khususnya Lembaga Dakwah Kampus (LDK). Sehingga LDK harus dapat berfungsi sebagaimana idealnya sebagai pemimpin bagi LDF. Dalam bahasa yang lebih mudah bagaimana sinergitas yang ada benar-benar mampu memposisikan LDK sebagai payung LDF yang mengayomi seluruh LDF di bawahnya.

Yang lebih penting bagaimana LDF ini menjadi tempat pengasahan kader-kader dakwah kampus. Kader sebagai aset terbesar dalam dakwah kampus selayaknya butuh perhatian yang lebih. Sebesar apapun peluang dan aset yang dimiliki oleh dakwah kampus maka tanpa adanya kader sebagai penggerak di tiap-tiap Fakultas maka itu adalah kesia-siaan. Oleh karena itu, pengelolaan kader dan kaderisasi adalah kunci terpenting akan keberhasilan dahwah fakultas secara umum dakwah kampus. Oleh karena itu sinergitas antara LDF-LDF dengan LDK dalam menghasilkan kader berkualitas sangat mutlak dilakukan. 

REKAMAN KEGIATAN

No comments:

Post a Comment

silakan komentar