Pages

Thursday 16 April 2015

MENGENAL PUSJARNAS LIDMI : UKM LDK MPM UNHAS



KETUA UKM LDK MPM memberikan cendramata kepada pemateri di masjid kampus UNHAS beberapa waktu yang lalu

MENGENAL PUSJARNAS LIDMI : UKM LDK MPM UNHAS
#LIDMI DARI LOKAL MENUJU NASIONAL

Pengantar : LIDMI atau Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia merupakan wadah pengembangan LDK-LDK kampus di Indonesia. LIDMI memiliki pusat komunikasi LDK-LDK baik di pusat, wilayah, maupun di daerah. Di pusat LIDMI menunjuk satu kampus sebagai pusat komunikasi nasional yang disebut PUSJARNAS (PUSAT JARINGAN NASIONAL). Secara berturut-turut dalam TUNAS (TEMU NASIONAL) LIDMI, menunjuk UKM LDK MPM UNHAS yang kedua kalinya.Untuk mengetahui LDK MPM UNHAS yuk lihat profil di bawah ini :


  Profil UKM LDK MPM UNHAS
Periode 1431-1432 H/2010-2011 M

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla atau lebih dikenal dengan sebutan UKM LDK MPM Unhas  merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa dalam lingkup Universitas Hasanuddin.  UKM LDK MPM Unhas merupakan satu-satunya Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang legal di Universitas Hasanuddin. UKM LDK MPM Unhas senantiasa berusaha memberikan sumbangsih bagi pembinaan aqidah dan moralitas civitas akademika dan kemajuan syiar Islam secara berkesinambungan dan selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

UKM LDK MPM Unhas ini didirikan pada tanggal 5 Jumadil Awal 1409 H yang bertepatan dengan tanggal 15 Desember 1988 M. Dengan visi: “Bersama mewujudkan Universitas Hasanuddin menjadi kampus Islami”. Berdirinya Lembaga ini didasari oleh adanya hasrat dari pada mahasiswa muslim pada saat itu untuk mengembangkan dakwah Islam di Kampus Unhas. Akhirnya, dengan segala perjuangan dan pengorbanan yang diberikan, lembaga ini menjadi lembaga yang legal dan eksist hingga hari ini. 

UKM ini menjalankan program dan agenda  kerjanya dengan membentuk beberapa Departemen dan Biro diantaranya: Departemen Kaderisasi, Departemen Dakwah, Departemen Hubungan Masyarakat, Departemen Kesekretariatan dan Logistik, Departemen Pengembangan dan Media Informasi, Departemen Eksternal, Biro Pendidikan Al-Qur’an, Biro Adik Asuh, dan Biro Rumah Tangga Masjid. Berikut penjabaran departemen dan biro tersebut.

Departemen Kaderisasi

Departemen Kaderisasi sebagai Departemen yang menjalankan roda pengkaderan dalam tubuh UKM LDK MPM UNHAS yang senantiasa berusaha untuk terus berjuang menjalankan tugasnya dalam menghasilkan kader yang tertarbiyah berdasarkan pemahaman Ahlu Sunnah wal Jama’ah, berjiwa militan, serta profesional.  Salah satu program kerjanya adalah Studi Islam Intensif (SII) I dan II. Atas kerja keras dari departemen inilah yang menjadikan MPM bisa tetap berjalan hingga hari ini.

Departemen Dakwah

Departemen dakwah merupakan departemen yang berkiprah langsung pada penyebaran syiar dakwah yang bermanhaj Ahlu Sunnah wal Jama’ah. Departemen ini memiliki peranan yang sangat penting, karena departemen ini akan memikirkan dan melakukan upaya pengembangan dakwah di semua fakultas di Universitas Hasanuddin. Beberapa program kerja yang dimilikinya yaitu ta’lim rutin, kultum, kamat (kajian jumat), dan KHASS (kajian hangat seputar Islam) MPM. Dengan adanya kegiatan-kegiatan dari departemen dakwah di semua fakultas, diharapkan lahir atmosfer baru dalam kehidupan kampus, yaitu maraknya kampus dengan berbagai kegiatan keislaman.

Departemen Humas

Departemen Hubungan Masyarakat (Humas) adalah departemen yang menangani masalah perbaikan maupun peningkatan hubungan kelembagaan organisasi dengan elemen-elemen yang berada di dalam maupun di luar kampus serta menunjukkan eksistensi dan peran aktif UKM LDK MPM UNHAS dalam menangani masalah dakwah yang makin kompleks di kampus merah ini. Departemen ini memiliki program kerja antara lain: Training Public Relation (Pelatihan Kehumasan), MPM Peduli (Bakti Sosial) dan Bimbingan Belajar Mahasiswa (BBM). Dari departemen inilah akan lahir MPM sebagai lembaga dakwah yang dikenal oleh berbagai kalangan, baik internal maupun eksternal kampus.

Departemen Keslog

Departemen kesekretariatan dan logistik merupakan departemen yang berfungsi sebagai penyedia dan pengelola sarana, prasarana, dan logistik untuk mendukung kegiatan-kegiatan departemen/biro dalam tubuh UKM LDK MPM UNHAS. Departemen ini akan mengurusi berbagai hal yang berhubungan dengan kesekretariatan.
Departemen Pengembangan dan Media Informasi
Departemen pengembangan dan media informasi (DPMI) merupakan departemen yang aspek kerjanya lebih mengkhusus pada pengelolaan media informasi dalam meningkatkan syiar dakwah dan peningkatan citra lembaga.  Selain itu departemen ini memegang peranan sebagai unit litbang dalam UKM LDK MPM UNHAS.  Adapun program kerja DPMI antara lain: pelatihan jurnalistik dan desain grafis serta Kajian Ilmu Manajemen (KIM). Di Departemen ini juga mengelola buletin yang terbit setiap 2 pekan yang bernama buletin “muwahhid”. 

Departemen Eksternal

Departemen eksternal merupakan salah satu departemen yang direkomendasikan dari hasil Temu Nasional Pertama Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (TUNAS I LIDMI). Untuk melakukan fungsi UKM LDK MPM UNHAS sebagai Pusjarnas (Pusat Jaringan Nasional) LIDMI. Fungsi utama departemen ini yaitu menerima dan mengelola informasi dari seluruh jaringan LIDMI serta bertugas mengawal jalannya hasil-hasil rekomendasi TUNAS LIDMI. Kegiatan yang pernah dilakukan oleh departemen ini berupa Seminar Nasional, Seminar Internasional, dan lain sebagainya yang dikerjakan secara bersama-sama dengan Lembaga Dakwah Kampus dari Perguruan Tinggi lainnya di Makasar.

Biro Pendidikan Al-Qur’an

Biro pendidikan al-qur’an atau BPA merupakan salah satu biro dalam struktur UKM LDK MPM UNHAS yang bergerak dalam bidang pembinaan atau pendidikan pengajaran Al-Qur’an terkhusus dalam pembelajaran ilmu tajwid serta tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.  Dalam menjalankan misinya untuk memberantas buta aksara Al Qur’an, BPA melakukan kerja sama dengan UPT MKU Unhas untuk menjalankan program Studi Al-Qur’an Intensif (SAINS). SAINS ini dipaketkan bersama dengan pelaksanaan Mata Kuliah Agama Islam dan ditujukan kepada semua mahasiswa muslim yang memprogramkan mata kuliah PAI.

Biro Adik Asuh

Biro Adik Asuh (BAA) merupakan salah satu biro dalam UKM LDK MPM Unhas yang bergerak pada bidang sosial kemasyarakatan, yang lebih terkhusus kepada pembinaan anak-anak dari kalangan dhuafa. BAA melakukan pengumpulan dana dengan membuat program Kakak Asuh. Sampai saat ini, Adik Asuh yang di bina berjumlah 24 orang. Adik Asuh tersebut diberikan beasiswa pendidikan, sehingga mereka tetap dapat melanjutkan sekolahnya. Beberapa program kerja lainnya yang dilakukan oleh biro ini adalah TELAGA (Temu Keluarga) Adik Asuh, JELI (Jelajah Ilmu), dan lain sebagainya.

BIRO RUMAH TANGGA MASJID

Biro Rumah Tangga (BRTM) merupakan salah satu  biro dari Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla Universitas Hasanuddin (UKM LDK MPM UNHAS) yang bergerak pada aspek pengelolaan masjid. Tujuan BRTM yaitu berusaha memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan pelaksanaan aktifitas ibadah kepada pengurus dan jamaah. Beberapa program dan agenda kerjanya antara lain kerja bakti, pengelolaan mading, Bedah Buku, Perayaan Idul Adha, Ta’lim Tafsir Juz 30 dan Semarak Ramadhan dan beberapa agenda kerja.




2 comments:

silakan komentar