Pages

Wednesday 12 December 2012

Remaja Tangguh dan Berkarakter






“Jangan bertanya kapan hari ujian itu datang, tapi
Tanyakan apa yang akan kamu persiapkan untuk hari itu???”

-petuah- 


Muslim Muda Teenagers … Kita bersua kembali dalam edisi ke dua ini. Do’a dan dukungan kalian menjadi motivasi bagi Kami agar tetap Istiqamah untuk mendakwahkan Dienul Haq ini…Aamiin.. ‘Alaa kulli Hal. Muslim Muda Teenagers, belakangan ini kita semakin sering berurusan dengan ujian.Apalagi setelah Bencana dan musibah Gempa serta Tsunami sebesar 8,9 Skala Ricther yang mengguncang pesisir timur laut Jepang, tentunya lebih mengingatkan kita untuk banyak instropeksi diri, baik itu hubungan dengan Sang Pencipta ataukah hidup kita yang lebih banyak di isi dengan hal-hal yang nggak bermanfaat. So pastinya ujian itu nggak akan pernah bosan ngedatangin kita, hadapi dan cari solusinya !!!. Hmmm, nggak lupa juga buat kelas tiga yang sedianya sebentar lagi Ujian Nasional. Moga-moga diberi kemudahan, sukses selalu .. Aamiin.


Muslim Muda Teenagers ,, masih inget khan dengan bintang sekolah??? Yups, Kita mau ngelanjutin nih kisahnya… ehh penjelasan maksudnya. Soal berikutnya, gimana caranya jadi “Bintang Sekolah” ??? hayoo… apa kita harus ke langit dulu??? Nggak lah, kalo udah tau gimana karakteristiknya tinggal caranya. Aneh khan kalo ada orang yang taunya cuma mau jadi begini begitu, tapi kagak buat apa-apa. Action donk jangan NATO(No Action Talk Only)!!! Sekedar mengetahui khan itu nggak cukup-lah, kita harus menginginkannya, sekedar mau ??? semua orang pasti mau sukses, kecuali yang nggak mau. Yach kita harus melakukannya… setuju ???

Muslim Muda Teenagers, pernah nggak ngebayangin kalo pohon itu nggak punya akar. Coba gimana jadinya. Bisa nggak berdiri di tengah terpaan angin??? Udah praduga ketumbang-tindik tergeletak. Kayak gitu juga-lah kalo yang namanya manusia. Kita kudu punya landasan pijakan, sederhananya prinsip hidup. Prinsip itu sedawat dengan kokoh, kuat, tangguh, energik, optimisme dan Istiqamah. Nggak loyo, males, pesimis (penyakit si miskin, kata motivatior). Bisa nggak diri itu di kerasin ( optimis, rajin belajar, kuat kerja, ulet, tekun de el el) agar hidup terasa lunak. Jangan me-lunakin diri ( loyo, males belajar, manja, pesimis, penakut) karena bisa-bisa hidup kamu terasa keras.

Nah jangan ditanya kapan ujian itu datang, tapi tanyain apa yang udah kamu persiapkan. Soalnya masalah itu pendamping hidup kita. Masalahnya kita tidak bisa lari dari masalah!!!. Sampai kalo mau nge-buat karya ilmiah-pun langkah pertamanya, yaitu ??? harus cari pokok permasalahannya. Gimana ?? mau lari kemana??
Tapi gimana tuh kalo mau nyelesaiin masalah ato ujian kalo nggak punya prinsip landasan??? Kenapa pohon bambu udah kesana- kemari diterpa angin tetep aja kokoh kembali seperti kala. Yaa prinsip itu yang membuat bertahan. Dalam nge-jalanin hidup itu sudah pasti buanyaak ujiannya. Suka nggak suka ujian pasti datang.

Nyelesaiin soal aja, kudu harus pake konsep, rumus dan metode. Apalagi mau nye-lesaiin persolan hidup. But harus hati-hati juga lho pake rumus. Salah rumus, salah cara kerjanya, salah jalannya. Manusia juga begitu, udah punya “way of life” diciptakan guna menuntunya. Sama kalo beli Handphone ato laptop, pasti dibuat lengkap buku panduannya. Jadi kalo rusak, buka buku petunjuknya ato datang ke ahlinya.

Dari prinsip “tangguh” inilah akan menghasilkan karakter. Seperti apa karaktenya ??? plus minus sama prinsipnya. Layaknya orang tua yang rela mati-matian menghidupi anak-anaknya sampai bener-bener sukses dan berhasil. Yaa itu karena ia punya prinsip “ anak adalah tanggung jawab saya, ia harus berhasil” ato kata seorang siswa“apapun yang Ku hadapi, saya harus Lulus ujian dengan nilai yang memuaskan!!!”

Coba liat orang-orang shaleh dulu, kenapa begitu rajin, kuat, tekun dan optimisnya beramal. Itu karena mereka mengetahui dan berprinsip hidup ini harus diisi dengan ibadah a long life, never ends.Dan tahu tujuan kita hidup ini apa? Yupz, “…melainkan supaya berIbadah kepada Allah.” So bintang sekolah itu selain mesti tangguh juga harus berkarakter!!!!
Msc_am

No comments:

Post a Comment

silakan komentar