Pages

Friday 11 April 2014

MERAMAIKAN DAKWAH DI DUNIA MAYA




Alhamdulillah... itu yang ana awali tulisan ini serta kata yang ana ucapkan juga –innalillahi juga- ketika menjabat sebagai Ketua umum Komunitas Blogger Pena Sunnah (KBPS). Komunitas yang di bentuk –kalau tidak salah- 2009 ini, memiliki impian yaitu Menjadi komunitas blogger muslim Ahlus Sunnah yang besar di Indonesia. Impian itu tetunnya memiliki hasrat untuk berdakwah di dunia maya, dunia yang memiliki sisi gelap dan terang.



Awal dari menggeluti dakwah di dunia maya ini tak pernah terbayangkan karena ana sudah lama menggeluti dakwah sekolah lalu menambah amanah dakwah lagi di dunia kampus. Sebenarnya dakwah di dunia maya ana, tidak lepas dari hobi menulis-nulis di blog karena begitu banyak tulisan yang menumpuk di buku-buku dan komputer. Maka ana manfaatkan blog posting tulisan ana karena mungkin tidak laku di media lain. He...he..



Setelah berjalan beberapa tahun ana ‘eksis’(menurutku) berdakwah di blog sampai menjadi ketua umum KBPS, ana mendapat realita yang cukup menggembirakan. Dunia maya memiliki banyak media sosial yang dapat di manfaatkan untuk berdakwah. Tak hanya blog tetapi jejaring sosial mulai dari facebook sampai instragram. Bahkan pertumbuhan pengguna media sosial atau yang bergelut di dunia maya makin bertambah.

Mulai dari pertumbuhan blogger di Indonesia menjadi cukup berkembang. Wakil Presiden ASEAN BloggerChapter Indonesia Amril Taufik Gobel mengatakan jika pada 2008 tercatat hanya ada 500 ribu blogger aktif, maka per akhir 2011 melonjak menjadi 5 juta blogger. "Atau bertambah sepuluh kali lipat," ujarnya di sela Festival Blogger ASEAN di Surakarta, Jumat 10 Mei 2013

Sedang media lain,  48,134,040[1] orang pengguna facebook di Indonesia. Angka ini mendudukkan Indonesia pada peringkat 4 dunia setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India. Sementara pengguna twitter di Indonesia ada 19, 5 juta akun[2]. Indonesia menempati urutan kelima di bawah Inggris Raya (23,8 juta akun), Jepang (29,9 juta akun), Brasil (33,3 juta akun), dan Amerika Serikat (107,7 juta akun).

Dalam jumlah pemakai ponsel, Indonesia berada pada peringkat keempat di dunia di bawah Cina, India, dan Amerika Serikat. Per Desember 2012, menurut mobiThinking mencapai 260 juta[3], lebih banyak hampir 20 juta dari jumlah penduduk Indonesia. Kita semua tahu, para pengakses social media saat ini, termasuk blogger dan para pembaca blog banyak yang menggunakan ponsel.

Angka-angka luar biasa ini tentunya bisa menjadi lahan dakwah yang menarik karena makin banyak manfaat serta menebah hidayah. Bermodalkan satu email : abidfauzan@gmail.com gabung di media sosial lainnya.  Jadi ana dengan segala keterbatasan ingin meramaikan dakwah di dunia maya. Sekalian para pembaca kita saling berbagi melalui media2 sosial yang ana punya ini(sekalian folow/teman/dll). ini dia : 

Ini blog di kompasiana bergabung dari tahun lalu. mau baca klik disini

selain blog pribadi ku ana juga buat 2 blog lagi dan 2 blog jadi penulis tamu

kisah inspirasi

politik Islam kaffa

rumahrohis

KBPS pena sunnah

rekaman di youtube

media sosia TWITER : @abidfauzan1

dan facebook : Abid Fauzan


Mudah-mudahan dengan kita semua meramaikan dakwah di dunia maya kita menyebarkan Islam. 


[1] Data 2013 bersumber dari:  http://www.merdeka.com/teknologi/jumlah-pengguna-facebook-di-indonesia-menyusut.html
[2] Data 2013, bersumber dari: http://ciricara.com/2013/04/05/infografis-6-jenis-pengguna-twitter-di-indonesia/
[3] Data bersumber dari: artikel berjudul Pengguna Ponsel di Indonesia Empat Besar di Dunia, pada harian Kompas Jumat 28 Juni 2013.

Tulisan ini terinspirasi dari blog penasunnah dan mugniar

No comments:

Post a Comment

silakan komentar