Pages

Thursday 4 October 2012

KATA-KATA INSPIRASI






Aku hadir dalam suatu pelatihan pengajaran TK/TPA. Ya walaupun masih SMA tetapi tetap meluangkan waktu mengajar anak santri. Suasana pelatiha kian menyenangkan ketika sang pembicara memotivasi kami semua. Kurang lebih yang ana ingat ia berkata ‘mari kita tulis di secari kertas kosong tulis ‘malas itu musuhku’ ‘ dan pajang di buku atau tembok kamar kita suara itu menggerakan tubuh ku melakukannya saat itu juga. Dan menyelipkannya di dalam sampul binderku. Yap selesai.


Ternyata perbuatan itu telah memotivasi untuk bekerja atau rapat rohis pas membuka binderku  langsung kubaca secari kertas tersebut. Seperti tersihir, langsung hilang rasa malas ku dan terus melanjutkan rapat tanpa beban. Begitu pun bekerja yang lain. Aku merasakannya hingga aku lulus SMA dan membuahkan hasil, rohisku tetep eksis dalam dakwah sekolah.

Itulah salah satu rahasiaku di masa-masa yang tak terlupakan dalam dakwah di SMA dulu. Yah.. betul ikhwan.., terkadang kita sebagai aktivis rohis kadangkala merasakan jenuh, capek dan malas. Ini tak jauh juga dengan iman. Kata Rasulullah “al imanu yazid wa yangkus...” keimanan itu bertambah dan kadang kala berkurang. Oleh karenanya itu kita perlu memotivasi diri dan juga menyemangati diri agar tidak terlalu larut dari kejenuhan, capek ataupun malas. Salah satunya dengan kata-kata motivasi, mutiara, hikmah dll

Tahu, gak Umar? Itu Umar Bin Khattab ra sahabat Rasulullah. Sebelum masuk Islam beliau berperangi kasarserta membenci Islam. Tetapi ketika membaca satu ayat saja luluh hatinya untuk menerima Islam. Nah.. gais, maka di setiap kita dalam kerja-kerja dakwah berikanlah waktu-waktu jedah/istirahat untuk membaca Alquran, memahami maknanya alias mentadaburinya. Agar kita membersihkan hati kita dan menenangan jiwa kita.

Serta juga baca hadis-hadis, kata mutiara / hikmah dari salaf soleh. Dan terakhir kata-kata inspirasi dimana aja yang bermanfaaat. Dengan begitu iman dan semangat kita tetap terjaga. So.. siap diri untuk terus bekerja dalam dakwah.


“kata-kata tidak bermakna, tapi manusialah yang memberi makna. Tetapi kata dapat mengubah jiwa manusia. Dan sesungguhnya pada jiwa yang niscaya bagi dunia dan kehidupan. Karenanya hiduplah jiwamu setiap kali mengalir kata sehingga tiap goresan akan memiliki ruh!”



“Allah tidak mengubah suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah dirinya”


No comments:

Post a Comment

silakan komentar