Pages

Saturday 13 October 2012

FK2PI Makassar : MERANGKAI UKHWA DAN HARAPAN ROHIS SEKOLAH


FK2PI Makassar : MERANGKAI UKHWA DAN HARAPAN ROHIS SEKOLAH

(Bernostalgia dakwah sekolah angkatan 80-90 an)





Berawal tahun 80 - 90 an dimana  tekanan-tekanan terhadap syiar Islam di sekolah begitu terasa. Mulai dari pelarangan jilbab buat muslimah sampai pelarangan membuat kajian-kajian/diskusi Islam di sekolah. Hal ini merupakan akibat rezim pemerintahan Orde Baru saat itu, namun ternyata membawa dampak positif di satu sisi. Para aktifis dakwah sekolah ketika itu yang sangat dibatasi oleh rezim, ternyata telah diberi kekuatan Allah untuk membangun kreatifitas dakwah sekolah yang luar biasa hebatnya. Allah juga telah mengkaruniakan kepada mereka semangat yang tinggi dalam melakukan aktifitas dakwah sekolah yang penuh resiko ini. 


Hal ini ternyata telah mampu membentuk jiwa besar dan pengorbanan yang tiada tara, dibawah pengaruh bayang bayang penekanan-penekanan dari pemerintah, yang pada saat itu hanya memberikan peluang bagi umat Islam untuk berritual semata.


para alumni sekolah (Angkatan 80 - 90 an dan seteruanya) telah memulai membangun pilar-pilar dakwah di sekolah masing-masing, paling tidak minimal rohis telah terbentuk. Di mana rohis menjadi cikal bakal terbentuknya sekolah yang Islami. 

Siapapun mengetahui bahwa sekolah merupakan salahsatu tempat peradaban dan pembangunan generasi terdidik bangsa yang akan meneruskan tongkat perjuangan bagi generasi sebelumnya. Terbangunnya kaum pelajar sekolah dengan sibghah Islam merupakan sebuah kemenangan yang luar biasa, sebuah kontribusi yang amat sangat berharga bagi perkembangan dakwah selanjutnya.

Alhasil mulai disusunlah skenario dakwah sekolah dengan logika yang sangat sederhana. Membangun kembali peradaban Islam, pemahaman dan aqidah Islam yang murni yang tidak terkontaminasi oleh pemahaman ideologi yang tidak mencerminkan kemurnian makna Laa illaaha ilallah (tauhid). Dimulailah dengan membentuk pengajian-pengajian kecil, secara sembunyi-sembunyi, dengan materi seputar aqidah dan pemurnian makna Laa ilaaha Illaallah. Dengan membentuk para individu unngulan ini diharapkan akan dapat menjadi tumpuan bagi keluarga unngulan, yang kehidupannya mencerminkan sebuah keluarga dengan kemurnian aqidah. Dan dari situ diharapkan akan terbentuk sebuah masyarakat yang mempunyai karakteristik perilaku yang islami, masyarakat yang didalamnya berkumpul para penyeru agama Allah lewat semua jalur yang dimilikinya.

Dari Perkumpulan pengajian yang ada disekolah-sekolah yang mengkaji pemurnian terhadap pemahaman Islam dengan kembali kepada Allah dan Rasulnya, dengan melaksanakan ajaran-ajaranNya serta sunah-sunnah rasulNya dalam setiap jengkal kehidupannya. Para remaja yang begitu semangat mengkaji dan mengamalkan Islam serta para siswi dengan jilbab yang rapi telah mulai bersemi dalam sekolah, yang kelak ternyata akan tumbuh dengan rimbunnya. Para siswa dengan Al Qur’an kecil di saku bajunya atau di dalam tas ternyata menjadi fenomena yang lama kelamaan kian bertambah.

Dengan didirikannya mushlah atau masjid di sekolah serta dengan terbukanya ruang untuk dapat membentuk perkumpulan kajian di sekolah, maka benih-benih dakwah sekolah yang telah di bangun melalui kajian-kajian ini selanjutnya menyatu dalam wadah yang telah terorganisasi. Yaitu terbentunya ESKUL ROHIS disekolah masing-masing.  

Setelah berkembang beberapa lama, maka timbullah ide untuk membentuk jaringan dakwah sekolah dengan wadah Forum Komunikasi Kajian Islam(FK2I). Forum yang mempunyai sebuah tujuan yang sangat mulia yakni membangun jaringan dan kesatuan antar para aktifis dakwah di setiap sekolah. 

Kini dengan dinamika yang ada, FK2I telah berganti nama menjadi FK2PI. Maka  marilah kita merapatkan saf dan menatap masa depan, marilah kita berusaha bekerjasama merajut lagi ukhwa dan harapan kita bersama. Marilah dengan Bismillah kita awali semuanya dari 

F.K. 2. P. I…………….

Untuk para alumni-alumni angkatan 80 - 90 an sampai sekarang, semoga kita semua Istiqomah di jalan dakwah. amien
Ditulis 26 Juli 2012 pukul 11.56  dalam Suasana Ramadhan
Muh. Abid Fauzan
abidfauzan@gmail.com
Mantan ketua FK2PI dan IKRAMAL 03 SMAN 3MKS

TULISAN INI TERBIT DI RUMAH ROHIS :  KLIK DI SINI

No comments:

Post a Comment

silakan komentar