Pages

Thursday 1 June 2017

LAPORAN KIR : KERJA ABIOCOR PADA TUBUH MANUSIA



KATA PENGANTAR
       
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas bimbingan dan petunjuk-Nya, serta berkat rahmat, nikmat, dan karunia-Nya sehingga laporan biologi ini dapat saya selesaikan.

            Laporan ini merupakan perangkat rencana dan hasil eksperimen yang harus dicapai siswa. Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direflesikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Kebiasaan tersebut secara konsisten dan terus-menerus dapat memungkinkan seseorang untuk menjadi kompeten, dalam arti memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar untuk melakukan sesuatu.
            Pola penyajian laporan ini sesuai berdasarkan karya ilmiah, yang menekankan pada pendekatan komunikasi dan keterampilan proses. Paparan yang jelas, gambar yang bervariasi, dan kegiatan-kegiatan eksperimen. Dengan demikian, diharapkan potensi keilmiahan siswa dapat berkembang dengan baik.
            Penulis menyadari bahwa pengembangan potensi siswa bukan terletak pada buku, tetapi kuncinya terletak pada guru, lingkungan siswa, dan siswa itu sendiri. Meskipun laporan ini adalah hasil penyempurnaan dari laporan-laporan yang telah dibuat, namun dengan kerendahan hati, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca. Semoga laporan ini dapat memenuhi harapan kita semua.

Makassar, 24 November 2006



       Penulis













i
BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

                  Jantung merupakan organ vital, karena berfungsi memompa darah yang mengandung nutrien dan zat-zat yang dibutuhkan sel-sel untuk menjamin keberlangsungan hidupnya. Karena teramat vitalnya, secara struktur jantung berada di rongga dada dan terlindung tulang-tulang rusuk. Meski demikian, bahaya kerusakan jantung sering terjadi dengan berbagai sebab. Jantung yang tidak berfungsi, sama saja dengan kematian sel-sel di seluruh tubuh. Oleh sebab itu, berbagai usaha telah dilakukan manusia untuk mencoba menangani kerusakan jantung dengan cara pencangkokan jantung, transplantasi jantung dengan jantung hewan, dan membuat jantung tiruan.

1.2. Rumusan Masalah

                  Bagaimanakah cara kerja Abiocor pada tubuh manusia?

1.3. Tujuan

                  Untuk mengetahui cara kerja Abiocor pada tubuh manusia.

1.4. Manfaat

                  Agar kita lebih mudah menangani kerusakan jantung dengan menggunakan Abiocor tersebut.

BAB II LANDASAN TEORI

                  Sebuah terobosan telah dibuat oleh ahli jantung di rumah sakit Jewish Hospital AS, yaitu dengan membuat sebuah jantung buatan yang diberi nama Abiocor. Lengkapnya Abiocor Implantable Replacement Heart. Abiocor merupakan jantung buatan “siap tanam” pertama di dunia ini. Alat ini dirancang sebagai pengganti permanen bagi pasien gagal jantung fase akhir. Pengguna terutama ditujukan pada pasien yang berada di bibir jurang kematian, dan tidak mungkin dilakukan pencangkokan jantung, ataupun dibantu dengan terapi lain. Oleh karena itu, lebih tepat dikatakan bahwa teknologi ini sebagai langkah kritis dalam menyelamatkan pasien penderita penyakit jantung fase akhir yang tidak punya peluang hidup.

1

No comments:

Post a Comment

silakan komentar