Pages

Tuesday 11 June 2013

LPJ ANA Sebagai Ketua Umum FK2PI Periode 1432 H/2011 M


 PENGANTAR : Setelah dua hari ikut MUKTAMAR FK2PI KE VI, kini ana sedikit lega pasalnya kini roda organisasi dakwah sekolah Makassar ini terus berjalan. Walaupun ana sekarang masuk sebagai dawn syuro tapi tetap terlibat juga. Lalu ana baca beritanya di RUMAH ROHIS ana ingin sekali memposting LPJ ana yang lalu pada MUKTAMAR KE V kemarin. Semoga bermanfaat.




Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatu

Alhamdulillahirabbil alamin segala puji dan puja hanya milik Allah semata, yang telah menghamparkan bumi sebagai tempat berpijak, Disanalah manusia menentukan arah dan tujuan hidupnya, apakah mereka lebih memilih tersesat dijalan yang benar ataukah mereka lebih memililih tersesat dikesesatan itu sendiri, Dijadikannya langit sebagai atap yang sampai saat ini manusia belum ada yang tahu secara pasti dimana batas langit, Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?. Maha suci Allah dengan segala firmannnya. Salam salawat kita senantiasa kirimkan kepada suri tauladakan kita yang telah memberikan contoh dari semua sisi kehidupan, beliau adalah pemimpin sekaligus pedagang, beliau seorang rasul  sekaligus kepala rumah tangga yang paling baik, beliau sebagai ahli ilmu dan ibadah yang sekaligus sebagai panglima perang. Mudah mudahan kita semua yang mengaku sebagi ummatnya senantiasa berusaha untuk mengikuti jejak kehidupan beliau dalam mengarungi kehidupan ini.

Sahabat Umar bin Khathab ra berkata: Aku mendengar Rasulufiah saw bersabda: "Sesungguhnya sahnya semua amal harus disertai niat Dan suatu perbuatan yang dilakukan seorang sangat tergantung pada niatnya. Barangsiapa berhijrah karena hendak mencari keridhaan Allah dan rasul-Nya, maka keridhaan Allah dan rasul-Nya pulalah yang akan dijumpai. Dan barang-siapa berhijrah karena hendak mencari kekayaan dunia atau karena wanita yang hendak dinikahi, maka apa yang diUiju itulah yang ditemuinya." (HR. Bukhari dan Muslim).
 
Sebuah episode dari sebuah sesi kehiduapan DAKWAH SEKOLAH di Makassar, Setapak dari jenjang dakwah ini sudah kita lewati bersama,  banyak cerita yang unik beserta pengalaman menyedihkan yang menjadi bumbu dalam pengurusan ini. Walau terasa berat bagi kami untuk mengembang amanah sebagai ketua, akan tetapi tiada kata yang  harus terucapkan dari seorang hamba yang hina ini kecuali kata Innalillah wa Inna ilahi rajiun, saya secara peribadi mendapat ujian yang sangat besar dalam satu tahun kedepan, begitulah komitmen awal kami saat MUKTAMAR  ke IV. Masih begitu terasa dalam pikiran saya pada saat MUKTAMAR ketika itu. 

Karya ini merupakan sebuah persembahan sebagai tanggung jawab kami terhadap FK2PI, harapan kami  kedepan ini akan menjadi MOTIVASI BAGI PARA PENGURUS.

Ikhwah sekalian tanpa terasa waktu satu tahun lebih telah terlewatkan, terasa baru bulan  kemarin kita diamanahi. Terasa waktu begitu mengejar kita disisi lain amanah dakwa ini sangat banyak, Tetapi Alhamdulillah berkat Ridho dari Allah SWT kita dapat menyelesaikan sebagian dari rencana yang telah kita susun bersama. Ini semua adalah karena doa dan kerja keras dari segenap ikwah sekalian.

Terimakasih kami berikan kepada ...................................

Allah subahanawataallah_yang berkuasa atas langit dan bumi, yang membolak-balikkan hati manusia, yang berkuasa atas takdir semua makhluk-Nya. Yang Maha Kuasa dalam mempertemukan kami dalam wasilah dakwah Lembaga Dakwah Sekolah yaitu FK2PI dan menjadikannya sebagai bagian dari cerita alur hidup kami.

Nabi Muhammad Shalallahu`alaihi wassalam_yang telah menunaikan amanah untuk berjihad dijalan Allah dengan sebenar-benar jihad, sehingga manusia masuk Islam dengan berbondong-bondong dan agama-Nya tersebar dikalangan jin dan manusia agar terwujud keadilan  dengan Islam dan cahaya keimanan.

Orang tua & keluarga kami yang telah memberikan doa restu untuk menunaikan amanah ini dan senantiasa mau untuk menjadi tempat kembali & berhenti sejenak untuk “siasat pengalihan” setelah berpetualang di dunia lain. 

FK2PI cabinet 1432 H, yang telah merelakan segalanya buat dakwah ini, yang walaupun sebegitu padat jadwal kuliah dan amanah yang dimiliki namun masih ada patri untuk dakwah ini. serta seluruh ikhwan yang lain yang telah berniat ikhlas dalam menjalankan agenda dakwah ini. 

Para sesepu FK2PI, akhuna muhtadin dan takwa yang setiap saat memantau dan mengarahkan aktifitas FK2PI, kanda sudirman dan askar yang telah mencurahkan waktunya untuk membina kader-kader muda FK2PI. Mereka adalah para syeh dari FK2PI.

Akhirnya Saya berterimah kasih  kepada seluruh makhluk di alam ini yang telah membantu kami untuk menorehkan sejarah di FK2PI.

Ya, Rabb kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau membebankan kepada kami beban yang berat , sebagaimana yang Engkau bebankan pada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, jangnlah Engkau memikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”
( terjemahan QS al –Baqarah 286).

Makassar, 27 Januari 2012

Ketua Umum FK2PI
Periode 1432 H/2011 M



Muh. Abid Fauzan
                          




       I.            TUGAS KETUA
                               I.            Menaati AD/ART
                            II.            Menyusun arahan kerja, membentuk Pengurus Harian dan mengangkat Pengurus Harian.
1.               Sekretaris Umum :
·                     Melakukan fungsi koordinasi internal organisasi.
·                  Penanggungjawab ketatausahaan dan kerumahtanggan.

2.               Bendahara Umum :
·                  Membuat APBO (Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi)
·                     Menyelenggarakan administrasi keuangan
·                  Melakukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan pendapatan organisasi.

3.               Departemen Kaderisasi :
·                  Melakukan upaya pencatatan anggota
·                  Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan di FK2PI
·                  Melakukan Kaderisasi sebagai kelanjutan kader FK2PI.
4.               Departemen  Dakwah :
·                  Melakukan dakwah dan pelayanan kepada Rohis Sekolah secara langsung atau tidak langsung.
·                  Melakukan sosialisasi FK2PI internal dan eksternal Sekolah.

5.               Departeman Ekonomi :
·                  Melaksanakan usaha yang dapat dijadikan sebagai sumber pendanaan
·                  Berkoordinasi dengan bendahara umum dalam menyusun perencanaan Anggaran

                         III.            Membuat kebijakan umum organisasi
Selama kurang lebih satu tahun  telah melakukan beberapa kebijakan sebagai berikut.
·         Terkait kaderisasi à Penyusunan Format kaderisasi, Rekrutmen anggota, dan Pelatihan pelatian : berupa TEKAD, PPSB
·         Terkait dengan pembinaan sekolah: FK2PI membangun jaringan dengan Rohis- Rohis Sekolah  Baik yang bersifat Formal maupun persuasive.
·         Terkait dengan Lembaga lain, Penjajakan hubungan dengan dinas Pendidikan Kota Makassar dan Sul-Sel & Depag Kota Makassar, Yayasan Al Insan, Bunayya privat, dll.
                         IV.            Menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi
                            V.            Mensosialisasikan perkembangan kerja organisasi kepada anggota
·         Dalam hal ini melakukan rapat Koordinasi tiap pekannya
                         VI.            Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Ketua atas pelaksanaan Kerja di MUKTAMAR saat akhir kepengurusan
    II.            Wewenang Ketua:
                               I.            Memberikan peringatan dan atau sanksi kepada Pengurus Harian berkaitan dengan tugas organisasi yang diembankan kepadanya
                            II.            Mengangkat dan memberhentikan Pengurus apabila diperlukan
Ketua Umum             : Muh. Abid Fauzan ( UIN 07)
Sekretaris                   : Hardiansyah (UNHAS 09)
Bendahara                 : Rahmat Aris (UNM 10)
Departeman Kaderisasi
Ketua     : Sabda Alam (UNM 10)
Anggota : Ismail  (UNHAS 10 )
: Apriyono (  UNHAS 10)
: Aksobo (STIBA 09)
: Khalid ( UMI 11)
Departemen Dakwah
Ketua     : Ammar naufal (UNM 10)
Anggota : Muh Scilta (STIBA 10)
: Imam (UNHAS 10 )

Departeman Ekonomi
Ketua     : Awaluddin (UNM 09)
Anggota : Mulyo (UIN 10)
: Sandi (UIN10)
: Fahrul (UIN 10)
: Alamsyah (UIN 10)

                         III.            Menjabarkan Garis-garis Besar Haluan Kerja ke dalam arahan kerja.
·         Penjabaran Program Kerja sebagaiman terlampir.

PENUTUP
Sahabat Abi Hurairah ra telah berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: "Manusia yang pertama kali dihisab amalnya kelak pada hari kiamat adalah seorang lelaki yang seakan- akan mati syahid. Allah kemudian memperlihatkan ber-bagai macam kenikmatan kepadanya, seraya berfirman: "Apakah amal yang engkau lakukan sehingga mendapatkan kenikmatan yang besar itu?" Lelaki itu menjawab: "Aku berperang karena mencari keridhaan-Mu, hingga kemudian aku gugur sebagai syu-hada." Kemudian Allah berfirman: "Engkau. bohong. Engkau berperang hanya agar dikatakan sebagai seorang pemberani. Dan harapanmu itu pun sudah terlaksana." Lalu lelaki itu ditarik mu-kanya, dan dilemparkan ke dalam siksa neraka. Selanjutnya yang termasuk golongan pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah orang yang belajar dan mengajarkan ilmu pengetahuan, serta yang ahli membaca_Al-Qur*ah. Dan Allah memperlihatkan ke­nikmatan yang luar biasa kepadanya, seraya berfirman: "Apakah yang engkau perbuat hingga meihperoleh kenikmatan sebesar itu?" Lelaki itu menjawab: "Aku belajar, mengajar serta mem-baca Al-Qur'an karena mencari'keridhaan-Mu." Lalu Allah ber­firman: "Engkau bohong. Engkau belajar dan mengajar agar dikatakan sebagai orang yang alim, dan engkau membaca Al-Qur'an hanyalah agar dikatakan sebagai orang yang jago baca. Maka segala apa yang engkau harapkan sudah terlaksana." Ke­mudian lelaki itu ditarik mukanya, dan dilemparkan ke dalam siksa neraka. Selanjutnya yang termasuk golongan pertama kali dihisab kelak pada hari kiamat adalah orang yang diberi kekayaan melimpah oleh Allah swt. Kemudian Allah memperlihatkan segala ragam kenikmatan kepadanya, seraya berfirman: "Apakah yang engkau perbuat sehingga mendapatkan kenikmatan sebesar itu?" Orang itu menjawab: "Aku tidak pernah meninggalkan sedi-kit pun perkara-perkara yang Engkau ridhai dalam menasarufkan harta yang telah Engkau limpahkan kepadaku." Kemudian Allah berfirman: "Engkau bohong. Engkau mendermakan hartamu hanya karena agar dikatakan sebagai orang yang dermawan. Maka segala apa yang engkau harapkan kini sudah terlaksana." Lalu orang tersebut ditarik mukanya, dan dilemparkan ke dalam siksa neraka." (HR. Muslim dan Nasa'i)
Sebagai ungkapan terakhir kami dari pengurus FK2PI periode 1432 H terima kasi kepada semua pihak yang telah membantu demi suksesnya pengurusan ini.

FOTO KEGIATAN MUKTAMAR VI FK2PI :




1 comment:

  1. Na'udzu billah .... harus slalu menjaga hati ....

    Selamat atas selesainya kepengurusan. Semoga beroleh berkah Allah.
    Tentang tulisan di blog saya, boleh kalau mau dikopi, selama menyertakan sumbernya :)

    ReplyDelete

silakan komentar