Pages

Monday 28 November 2011

Mengasah Kebiasaan Menulis ADS



Baru saja membuka mata, batinku langsung berzikir, “asstagfirullah! Ya Allah..” Karena kuingat hari ini hari Kamis berarti penghujung Ahad. Itu artinya hari kerja keras buatku untuk menyelesaikan sebuah tugas terbitan bulletin al iqro edisi jumatan yang harus naik cetak pada hari jumat. Karena setiap selesai shaalat jumat di mushala sekolah akan dibagikan ke jamaah. Dengan gerak terburu-buru dan suara keluh, tubuhku beranjak dari tempat istirahatku.

Thursday 24 November 2011

LEMAH LEMBUT DAN MENAHAN AMARAH



Kelemahlembutan adalah akhlak mulia. Ia berada diantara dua akhlak yang rendah dan jelek, yaitu kemarahan dan kebodohan. Bila seorang hamba menghadapi masalah hidupnya dega kemarahan dan emosional, akan tertutuplah akal dan pikirannya yang akhirnya menimbulkan perkara-perkara yang tidak diridhoi Allah ta’ala dan rasul-Nya. Dan jika hamba tersebut menyelesaikan masalahnya dengan kebodohan dirinya, niscaya ia akan dihinakan manusia. Namun jika dihadapi dengan ilmu dan kelemahlembutan, ia akan mulia di sisi Allah ta’ala dan makhluk-makhluknya.

Tuesday 22 November 2011

INI CAMPUS CES........

KAMPUS KU TEMPAT KU MENUNTUT ILMU SYAR'I


AKU INGIN DEMO TAPI..................


PENGANTAR : SUATU HARI ADA KEJADIAN YANG MENGGEPARKAN DI NEGERI INI, BANYAK PARA IKHWA MENGAJAK UNTUK BERDEMO. DENGAN LIHAI DIA MENYAMPAIKAN KATA-KATA PENUH INSPIRASI SELALIGUS PROVOKASI UNTUK MENGAJAK DEMO. DEMO DISINI ADALAH YANG BIASA TERJADI KAMPUS-KAMPUS KU DI MAKASSAR YAITU TURUN KEJALAN BIKIN MACET JALAN, CAMPUR LAKI-LAKI PEREMPUAN, BERTERIAK-TERIAK MENGGUMBARKAN KEBURUKAN PEMERINTAH DAN SANGAT TIDAK ETIS. KETIKA  WAKTU BERJALAN ANA TAK PERNAH DEMO SEKALI PUN, SAMPAI ANA MENEMUKAN JAWABAN MENGAPA ANA TIDAK BISA DEMO ( MAAF NAH... PARA SENIOR... IKHWA N AKWHAT JUGA)




Wednesday 16 November 2011

REALITA SEKOLAH ISLAM TERPADU DI INDONESIA ( bagian Terakhir - SELESAI)



E.  Menimbang Eksistensi Pendidikan Terpadu
KEMAJUAN sains dan teknologi semakin membuka lebar rahasia alam semesta. Komunikasi semakin mendekatkan pemahaman dan saling pengertian antar berbagai kebudayaan, tata nilai, dan norma kehidupan manusia. Akan tetapi, sebaliknya, gerak kemajuan dan modernisasi rupanya juga membawa serta limbah peradaban yang dapat mencemari akhlak dan perilaku mulia manusia. Artinya bahwa kemajuan teknologi temyata juga sarat beban pergeseran tata nilai yang dapat menjerumuskan.
Kompleksitas permasalahan dunia modern, bagi banyak orang, justru membawa konsekuensi meningkatnya kesulitan dalam adaptasi kehidupan keseharian orang per orang. Akibatnya muncul fenomena kebingungan, ketegangan, kecemasan, dan konflik-konflik yang berkembang begitu rupa, sehingga menyebabkan orang mengembangkan pola perilaku yang menyimpang dari norma-norma umum, berbuat semaunya sendiri, dan mengganggu orang lain.
Fenomena ini juga semakin menambah kekhawatiran orang tua berkenaan dengan masa depan putra-putri mereka. Meningkatnya angka kriminalitas yang disertai tindak kekerasan, penyelewengan seksual, perkelahian pelajar, penyalahgunaan obat, narkotik, dan minuman keras semakin mendorong banyak keluarga untuk berpikir ulang mengenai efektivitas pendidikan umum dalam mengembangkan kepribadian anak-anak mereka.

Sunday 13 November 2011

REALITA SEKOLAH ISLAM TERPADU DI INDONESIA ( BAGIAN KEDUA)




Pendidikan Madrasah memadukan ilmu agama dan imu umum

B.     Pendidikan Inklusi: Pengenalan Konsep
Latar Belakang. Sebagaimana telah dijelaskan di muka, pendidikan inklusi merupakan konsekuensi lanjut dari kebijakan global Education for All (Pendidikan untuk Semua) yang dicanangkan oleh UNESCO 1990. Kebijakan Education for All itu sendiri merupakan upaya untuk mewujudkan hak asasi manusia dalam pendidikan yang dicanangkan dalam Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia 1949. Konsekuensi logis dari hak ini adalah bahwa semua anak memiliki hak untuk menerima pendidikan yang tidak diskriminatif atas dasar hambatan fisik, etnisitas, agama, bahasa, jender dan kecakapan. Pendidikan inklusi yang dideklarasikan dalam Konferensi Dunia tentang Pendidikan untuk (Mereka Yang Membutuhkan) Kebutuhan Khusus di Salamanca, Spanyol, 1994, dan diperteguh dalam Forum Pendidikan Dunia di Dakar, Senegal, 2000, merupakan suatu pendekatan yang berusaha memenuhi kebutuhan belajar semua anak, pemuda dan orang dewasa dengan fokus khusus pada mereka yang termarjinalisasikan dan tersisihkan. Dari tahun ke tahun,  jumlah yang termarjinalisasikan dan tersisihkan ternyata tidak berkurang, bahkan terus bertambah. Pada tahun 2000 diperkirakan ada sekitar 113 juta anak usia sekolah dasar yang tidak masuk sekolah, 90 % dari mereka hidup di negara-negara dengan pendapatan rendah dan menengah rendah dan lebih dari 80 juta anak tinggal di Afrika (UNESCO, 2003).

Thursday 10 November 2011

REALITA SEKOLAH ISLAM TERPADU DI INDONESIA ( BAGIAN PERTAMA)





Tugas Individu

REALITA SEKOLAH ISLAM TERPADU DI INDONESIA



Iain Black01
 







Disusun oleh:
MUH. ABID FAUZAN


JURUSAN PENDIDIKAN AGAM ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN
MAKASSAR 2010


Sunday 6 November 2011

SIFAT –SIFAT DASAR ILMU PENGETAHUAN

Hakekat hidup manusia adalah bagaimana bisa belajar menemukan kebahagiaan hakiki

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
            Pengetahuan berkembang dari rasa ingin tahu yang merupakan ciri khas manusia karena manusia adalah satu-satunya makhluk yang mengembanggakan pengetahuan secara sungguh sungguh. Binatang juga mempunyai pengetahuan namun pengetahaun ini terbatas untuk kelangsungan hidupnya
            Manusia mengembangkan pengetahuan untuk mengatasi kebutuhan-kebutuhan kelangsungan hidup ini dia memikirkan hal-hal yang baru karena dia hidup buka sekedar untuk kelangsungan hidup namun lebih dari itu.manusia mengembangkan kebudayaan,manusia memberi makna kepada kehidupan manusia ‘memanusiakan diri dalam hidupnya’ dan masih banyak lagi pernyataan semacam ini ,semua itu pada hakekatnya menyimpulkan bahwa manusia dalam hidupnya mempunyai tujuan tertentu dalam hidupnya yang lebih tinggi dari sekedar kelangsunagn hidupnya. Inilah yang menyebabkan manusia mengembangkan pengetahuannya dan pengetahuan ini jugalah yang mendorong manusia menjadi makhluk yang bersifat khas dimuka bumi ini.